PEMAHAMAN SISWA TENTANG NILAI KEPAHLAWANAN SRI SULTAN HAMENGKU BUWONO IX DI SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Aditya Ajeng Swastama, 3101416017 (2020) PEMAHAMAN SISWA TENTANG NILAI KEPAHLAWANAN SRI SULTAN HAMENGKU BUWONO IX DI SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PEMAHAMAN SISWA TENTANG NILAI KEPAHLAWANAN SRI SULTAN HAMENGKU BUWONO IX DI SMA NEGERI 10 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2019/2020)
- Published Version
Download (4MB) | Preview |
Abstract
Studi pendahuluan menunjukkan bahwa pemahaman siswa dapat ditingkatkan melalui pemahaman akan nilai-nilai keteladanan pahlawan. Dalam penelitian siswa hanya mengenal nama dan dimana pahlawan dilahirkan, tetapi tidak mengetahui perjuangan pahlawan tersebut bagi bangsa Indonesia dan bagaimana nilai-nilai yang dapat diteladani oleh siswa dari pahlawan. Pahlawan yang peneliti maksud adalah Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Tujuan mengenai pendidikan sejarah yang berkaitan dengan penelitian penulis salah satunya adalah memiliki kemauan dan kemampuan untuk mengambil teladan yang baik dari para tokoh pelaku dalam berbagai peristiwa sejarah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dari penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPS SMA Negeri 10 Yogyakarta yang berjumlah 55 siswa. Variable penelitian ini hanya satu yaitu pemahaman siswa. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik angket. Penghitungan skor menggunakan skala Gutmann dan selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu sebanyak 2 siswa (6,06%) memiliki pemahaman dengan tingkat sangat rendah. Sebanyak 6 siswa (18,18%) memiliki pemahaman yang rendah. Siswa yang memiliki pemahaman cukup sebanyak 12 siswa (36,36%), sebanyak 11 siswa (33,33%) memiliki pemahaman yang tinggi dan sebanyak 2 siswa (6,06%) memiliki pemahaman yang sangat tinggi. Dari distribusi jawaban semua responden terhadap jumlah item soal pernyataan menunjukkan persentase sebesar 36,36% yang kemudian dicocokkan dengan kategori pengelompokan perhitungan untuk analisis deskriptif yang masuk dalam kategori cukup. untuk aspek yang dinilai paling tinggi secara keseluruhan yaitu pada aspek pemahaman tentang nilai keteladanan Sultan Hamengku Buwono IX. Dalam aspek tersebut memperoleh skor yang tinggi yaitu 63,63%. Untuk aspek yang dinilai paling rendah secara keseluruhan yaitu pada aspek pengetahuan tentang biografi Sultan Hamengku Buwono IX. Dalam aspek tersebut memperoleh skor yang rendah yaitu 48,48%.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Siswa, Nilai-Nilai Kepahlawanan, Sri Sultan Hamengku Buwono IX |
Subjects: | L Education > Special Education > History Education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 17 Nov 2020 03:12 |
Last Modified: | 17 Nov 2020 03:12 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41197 |
Actions (login required)
View Item |