PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS LOKAL UNTUK MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SDN 1 KEBONHARJO KECAMATAN PATEBON KABUPATEN KENDAL


Sumo Aji Atmoko, 1401416345 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS LOKAL UNTUK MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II SDN 1 KEBONHARJO KECAMATAN PATEBON KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416345.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (9MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di kelas II SDN 1 Kebonharjo, diperoleh data dari hasil wawancara bersama guru kelas II bahwa topik dari media atau bahan ajar yang dipergunakan dalam pembelajaran sangat jauh dari kehidupan sehari-hari siswa sehingga siswa tidak memiliki pondasi atau gambaran awal materi yang mereka pelajari, akibatnya siswa menjadi kurang tertarik, mudah bosan dan kehilangan konsentrasi belajar. Masalah tersebut terjadi karena bahan ajar yang dipergunakan diproduksi masal, materi yang dipergunakan juga lingkupnya nasional. Hal tersebut kurang efektif karena pemahaman siswa masih terbatas pada lingkup lingkungan sekitar. Masalah tersebut juga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik berbasis lokal Kendal yang di dalamnya memuat bacaan-bacaan tentang keragaman wisata di Kabupaten Kendal yang dekat dengan keseharian siswa SDN 1 Kebonharjo serta menguji kelayakan bahan ajar tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (R&D) yang dikemukakan oleh Borg & Gall yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar tematik berbasis lokal untuk membaca permulaan kelas II SDN 1 Kebonharjo, Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal yang telah dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan oleh ahli media, ahli materi dan ahli bahasa dengan persentase komponen kegrafikan 78,4% dan komponen penyajian 89,5% serta komponen kebahasaan 82,1%;. Simpulan hasil penelitian ini yaitu bahan ajar tematik berbasis lokal yang dikembangkan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Saran yang disampaikan yaitu: (1) bahan ajar tematik berbasis lokal Kendal dapat dijadikan referensi alternatif pilihan bahan ajar dan sebagai contoh untuk guru di daerah lain untuk mengembangkan bahan ajar sesuai daerah guru mengajar; (2) Guru disarankan dapat membuat inovasi-inovasi baru dalam pengembangan bahan ajar maupun alat bantu pembelajaran lainnya, supaya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa dalam semua muatan pembelajaran meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar tematik, membaca permulaan, berbasis lokal.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 10 Nov 2020 01:22
Last Modified: 10 Nov 2020 01:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41185

Actions (login required)

View Item View Item