PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN INOVATIF CERAPI (CERITA IMAJINASI POLA LANTAI) PADA PEMBELAJARAN SBDP UNTUK SISWA KELAS V SDN KARANGTENGAH01 BATANG


Farid Ikhsanudin, 1401416138 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN INOVATIF CERAPI (CERITA IMAJINASI POLA LANTAI) PADA PEMBELAJARAN SBDP UNTUK SISWA KELAS V SDN KARANGTENGAH01 BATANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416138.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pra penelitia yang dilakukan di kelas V SDN Karangtengah 01 melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi terdapat permasalahan media pembelajaran yang terbatas pada pembelajaran seni tari sehingga menyebabkan siswa kurang antusias saat pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media permainan inovatif Cerapi pada pembelajaran SBdP materi pola lantai kelas V. Masalah penelitian ini adalah bagaimana pengembangan dan kelayakan media permainan inovatif Cerapi dalam pembelajaran SBdP. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media permainan inovatif Cerapi yang layak pada pembelajaran SBdP materi pola lantai kelas V. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan dari Bord & Gall seperti yang dijelaskan dalam (Sugiyono, 2016:209) yang meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, Subyek penelitian ini adalah 31 siswa kelas V SDN Karangtengah 01 dengan 15 laki-laki dan 16 perempuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui Teknik non tes meliputi wawancara, angket, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media permainan inovatif Cerapi layak untuk digunakan berdasarkan uji kelayakan oleh ahli media dan ahli materi. Dari hasil validasi materi diperoleh presentase sebesar 95% dengan kriteria sangat layak dan ahli media mendapatkan presentase sebesar 96% dengan kriteria sangat layak. Simpulan penelitian ini adalah media permainan inovatif Cerapi (cerita imajinasi pola lantai) sangat layak digunakan dalam pembelajaran SBdP materi pola lantai kelas V.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media; permainan; pola lantai; SBdP.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 10 Nov 2020 01:19
Last Modified: 10 Nov 2020 01:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41184

Actions (login required)

View Item View Item