PEMANFAATAN APLIKASI PLICKERS DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 DUKUHTURI TAHUN AJARAN 2018/2019


Husna Sholiha, 3101414010 (2020) PEMANFAATAN APLIKASI PLICKERS DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 DUKUHTURI TAHUN AJARAN 2018/2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMANFAATAN APLIKASI PLICKERS DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 DUKUHTURI TAHUN AJARAN 2018/2019]
Preview
PDF (PEMANFAATAN APLIKASI PLICKERS DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 1 DUKUHTURI TAHUN AJARAN 2018/2019) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kehadiran teknologi komputer dan kemajuan internet sangat mendukung dalam pengembangan media pembelajaran. Pembelajaran dengan media komputer akan sangat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran sejarah maupun melakukan evaluasi pembelajaran, karena dengan komputer memungkinkan untuk menghadirkan bentuk pembelajaran yang menarik, efektif dan efisien. Salah satu perangkat lunak dengan komputer yang dapat membantu dalam pengembangan media pembelajaran adalah aplikasi Plickers. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses evaluasi pembelajaran IPS dengan menggunakan aplikasi Plickers di SMP Negeri 1 Dukuhturi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian bersifat interaktif. Meliputi wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data teknik analisis data dengan analisis interaksi yang langkah-lagkahnya mulai dari pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Evaluasi pembelajaran IPS Sejarah dengan pemanfaatan aplikasi Plickers cukup baik, karena adanya respon positif dari siswa dan motivasi belajar meningkat. Namun disini guru belum begitu mahir memanfaatkan aplikasi teknologi, karena baru awal menggunakan aplikasi Plickers. Disamping itu adanya keterbatasan perangkat pendukung pemanfaatan aplikasi Plickers. Kemudian terdapat beberapa tahap dalam pemanfatan aplikasi Plickers pada tes maupun ulangan harian IPS Sejarah yaitu persiapan dan pelaksanaan. Pada tahap persiapan, dimulai dari pembuatan akun, mencetak kartu plickers serta menginput nama siswa dan soal-soal ke aplikasi plickers semuanya dilakukan dengan baik oleh guru meskipun menghabiskan waktu cukup lama karena baru di awal. Selain itu keterbatasan koneksi internet juga sedikit menghambat penginputan soal-soal ke aplikasi Plickers. Setelah penelitian ini dilakukan siswa diharapkan agar dapat mendengarkan instruksi guru dengan benar agar jawaban yang dipilih oleh siswa dapat terekam dengan baik sehingga tidak terjadi kesalahan. Selain itu, guru diharapkan agar dapat terus melaksanakan ulangan harian secara inovatif dan kreatif salah satunya dengan menggunakan aplikasi Plickers, karena selain membantu guru dalam menskor nilai siswa dengan cepat dan benar, guru pun akan semakin mahir menggunakan aplikasi teknologi ini. Kemudian sekolah sekiranya perlu memikirkan untuk penyediaan sarana prasarana yang memadai sehingga dapat memperlancar proses belajar mengajar, sehingga tujuan pembelajaran tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran, Aplikasi Plickers, IPS
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 Nov 2020 08:22
Last Modified: 09 Nov 2020 08:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41167

Actions (login required)

View Item View Item