EFEKTIVITAS METODE PENUGASAN VLOGGING DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA SISWA KELAS X SMAN 1 KEDUNGWUNI


Nurul Mafaza, 2601415104 (2020) EFEKTIVITAS METODE PENUGASAN VLOGGING DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA SISWA KELAS X SMAN 1 KEDUNGWUNI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS METODE PENUGASAN VLOGGING DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA SISWA KELAS X SMAN 1 KEDUNGWUNI]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS METODE PENUGASAN VLOGGING DALAM PEMBELAJARAN BERBICARA SISWA KELAS X SMAN 1 KEDUNGWUNI) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui perbedaan keterampilan berbicara bahasa Jawa kelompok siswa yang diberi perlakuan menggunakan metode penugasan vlogging dengan kelompok siswa yang hanya menggunakan metode konvensial atau tanpa metode vlogging. 2) mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan metode vlogging dalam Pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Jawa siswa kelas X SMAN 1 Kedungwuni. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian dilaksanakan pada 14 - 28 Agustus 2019 di SMAN 1 Kedungwuni. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa kelas X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari data kualitatif dan kuantitatif yaitu wawancara dan hasil tes. Teknik analisi data menggunakan Uji-t, uji normalitas sebaran, dan uji homogenitas varian. Validitas penelitian diperoleh berdasarkan expert judgement. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan hasil belajar keterampilan berbicara bahasan Jawa kelompok siswa yang diberi perlakuan menggunakan penugasan vlogging dengan kelompok siswa yang hanya menggunakan metode konvensional. Hal itu dapat dilihat dari hasil post-test kelas eksperimen dan kontrol menggunakan uji independent sample t-test, nilai th dalam perhitungan tersebut lebih besar dari nilai ttb pada signifikansi 5% (th : 4.241 > ttb : 1.66691 pada signifikansi 5%) yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen memperoleh rata-rata post test sebesar 84,61 dan kelompok kontrol 77,89 2) metode penugasan vlogging lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar berbicara bahasa Jawa siswa kelas X SMAN 1 Kedungwuni. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil paired sample t-test nilai th dalam perhitungan tersebut lebih kecil dari nilai ttb pada signifikansi 5% (th : -14,052 < ttb : 1,68957), Sehingga dapat disimpulkan terjadi peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dari pre-test ke post-test. kelas eksperimen juga mengalami peningkatan ketuntasan sebesar 80,55% sedangkan kelas kontrol hanya 63,89%

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: metode vlogging, keterampilan berbicara.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 Nov 2020 08:00
Last Modified: 09 Nov 2020 08:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41161

Actions (login required)

View Item View Item