SATUAN LINGUAL DALAM KESENIAN BARONGAN SANGGAR SENI KADEMANGAN DESA GEBANG KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK (KAJIAN ETNOLINGUISTIK)


Zollanda Zalzabelisyqi Diwani NIM :, 2601415076 (2020) SATUAN LINGUAL DALAM KESENIAN BARONGAN SANGGAR SENI KADEMANGAN DESA GEBANG KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK (KAJIAN ETNOLINGUISTIK). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SATUAN LINGUAL DALAM KESENIAN BARONGAN SANGGAR SENI KADEMANGAN DESA GEBANG KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK (KAJIAN ETNOLINGUISTIK)]
Preview
PDF (SATUAN LINGUAL DALAM KESENIAN BARONGAN SANGGAR SENI KADEMANGAN DESA GEBANG KECAMATAN BONANG KABUPATEN DEMAK (KAJIAN ETNOLINGUISTIK)) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kesenian Barongan Sanggar Seni Kademangan di Desa Gebang Kecamatan Bonang Kabupaten Demak merupakan satu-satunya kesenian barongan di Kabupaten Demak yang sudah diakui dan ditetapkan oleh negara sebagai suatu kebudayaan. Kesenian barongan adalah kesenian lawas yang sudah ada sejak dahulu dan bertahan hingga sekarang, sehingga kesenian ini memiliki kearifan lokal yang terkandung di dalamnya. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu (1) bagaimana bentuk dan makna satuan lingual yang terdapat dalam Kesenian Barongan Sanggar Seni Kademangan di Desa Gebang Kecamatan Bonang Kabupaten Demak, dan (2) apa saja kearifan lokal yang tercermin dari satuan lingual yang terdapat dalam Kesenian Barongan Sanggar Seni Kademangan di Desa Gebang Kecamatan Bonang kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnolinguistik dan metode deskriptif-kualitatif. Data penelitian berupa satuan lingual yang terdapat dalam Kesenian Barongan Sanggar Seni Kademangan, yang didapatkan baik dari pelaku kesenian barongan maupun masyarakat sekitar. Data penelitian didapatkan dengan metode simak dan metode cakap dengan teknik rekam serta catat. Analisis data penelitian menggunakan metode distribusional, metode padan, dan metode etnosains. Hasil penelitian menunjukkan (1) bentuk satuan lingual pada Kesenian Barongan Sanggar Seni Kademangan termasuk dalam kategori kata, frasa, kalimat, dan wacana, makna satuan lingual pada Kesenian Barongan Sanggar Seni Kademangan terdiri dari makna leksikal dan makna kultural, dan (2) kearifan lokal tercermin dari satuan lingual yang terdapat dalam Kesenian Barongan Sanggar Seni Kademangan di Desa Gebang Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Satuan lingual yang ditemukan pada Kesenian Barongan Sanggar Seni Kademangan terdiri dari 33 data berbentuk kata, 17 data berbentuk frasa, 5 data berbentuk kalimat, dan 4 data berbentuk wacana. Kearifan lokal yang ditemukan terdiri dari enam macam dan tercermin dari satuan lingual yang berupa kalimat dan wacana. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai satuan lingual dalam Kesenian Barongan Sanggar Seni Kademangan di Desa Gebang Kecamatan Bonang Kabupaten Demak yang mengandung kearifan lokal di dalamnya. Penelitian ini juga diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan atau bahan referensi bagi penelitian mendatang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Etnolinguistik, Satuan lingual dalam Kesenian Barongan Sanggar Seni Kademangan, Kearifan lokal.
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 09 Nov 2020 07:47
Last Modified: 09 Nov 2020 07:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41158

Actions (login required)

View Item View Item