HUBUNGAN SISTEM FULL DAY SCHOOL DENGAN TINGKAT AKTIVITAS FISIK DAN INDEKS MASSA TUBUH ANAK USIA 10-12 TAHUN DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL FURQON REMBANG


Miqdad Ibadurrahman, 6211416038 (2020) HUBUNGAN SISTEM FULL DAY SCHOOL DENGAN TINGKAT AKTIVITAS FISIK DAN INDEKS MASSA TUBUH ANAK USIA 10-12 TAHUN DI SEKOLAH DASAR ISLAM AL FURQON REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 6211416038.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Latar belakang pada penelitian ini adalah meningkatnya pola hidup pasif anak akibat perkembangan teknologi dan meningkatnya jumlah sekolah yang menerapkan sistem full day school untuk menghindari pola perilaku pasif tersebut. Sementara ketika melakukan observasi di SD Islam Al Furqon tidak sedikit anak yang yang mengalami obesitas dan kegemukan. Pada usia ini anak seharusnya memiliki tingkat aktivitas fisik yang tinggi dan bergerak menggunakan otot-otot besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara full day school dengan tingkat aktivitas fisik dan indeks massa tubuh anak usia 10-12 tahun di SD Islam Al Furqon Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode cross-sectional. Penelitian ini dilakukan di SD Islam Al Furqon. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas IV, V, dan VI SD Islam Al Furqon yang berjumlah 141 anak. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purporsive sampling. Instrumen full day school memiliki validitas item dengan rentang skor korelasi antara 0,120-0,720 dan hasil reliabilitas dengan skor Cronbach Alpha antara 0,842, untuk mengukur aktivitas fisik dalam penelitian ini menggunakan angket PAQ-C dengan validitas item dengan rentang skor korelasi antara 0,140-0,730 dan hasil reliabilitas dengan skor Cronbach Alpha antara 0,682, sedangkan untuk mengukur indeks massa tubuh terdiri dari tinggi badan dan berat badan. Teknik analisis data menggunakan uji Korelasi Kendall's tau_b dan uji regresi linier sederhana dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian diperoleh koefisien korelasi sebesar r = -0,074 dan p = 0,199 antara variabel full day school dengan indeks massa tubuh. Koefisien korelasi sebesar r = 0,140 dan p = 0,016 antara variabel full day school dengan aktivitas fisik. Koefisien korelasi sebesar r = -0,115 dan p = 0,045 antara variabel aktivitas fisik dengan indeks massa tubuh. Simpulan dari penelitian ini yaitu terdapat hubungan signifikan antara full day school dengan tingkat aktivitas fisik, tidak ada hubungan signifikan antara full day school dengan indeks massa tubuh, dan terdapat hubungan signifikan antara tingkat aktivitas fisik dengan indeks massa tubuh anak usia 10-12 di SD Islam Al Furqon Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang. Disarankan kepada anak sebaiknya memiliki 60 menit durasi dari akumulasi aktivitas fisik ringan dan sedang setiap hari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hubungan, Full Day School, Indeks Massa Tubuh, Aktivitas Fisik
Subjects: O Sport > Ilmu Keolahragaan
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 09 Nov 2020 06:05
Last Modified: 09 Nov 2020 06:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41153

Actions (login required)

View Item View Item