Pengaruh Metode Lawatan Sejarah Berbasis Google Earth Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Ungaran


Maya Nurmalla, 3101416005 (2020) Pengaruh Metode Lawatan Sejarah Berbasis Google Earth Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 2 Ungaran. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 3101416005.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan informasi yang diperoleh pada SMA Negeri 2 Ungaran sejauh ini penggunaan metode penugasan dan diskusi belum sepenuhnya mampu membantu siswa dalam memahami materi sejarah yang diajarkan sehingga materi mudah terlupakan dan berdampak pada hasil belajar yang tidak optimal. Oleh karena itu, guru perlu mengembangkan upaya inovasi baru pada metode pembelajaran, yaitu penyampaian materi menggunakan metode lawatan sejarah berbasis Google Earth. Tujuan penelitian ini : (1) Untuk mengetahui besarnya penilaian siswa terhadap metode lawatan sejarah berbasis Google Earth di SMA Negeri 2 Ungaran, (2) untuk mengetahui besarnya hasil belajar siswa setelah diterapkannya metode lawatan sejarah berbasis Google Earth di SMA Negeri 2 Ungaran, (3) untuk menganalisis adakah pengaruh metode lawatan sejarah berbasis Google Earth terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Ungaran. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Ungaran tahun ajaran 2020/2021. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen, dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Desain pada penelitian ini menggunakan pre-experiment dengan desain One Group Pretest-Posttest Design, dengan alat pengumpulan data menggunakan teknik tes dan angket. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil penilain siswa terhadap metode lawatan sejarah berbasis Google Earth dengan nilai rata-rata sebesar 82,14. Sedangkan hasil post test diperoleh nilai rata-rata sebesar 85. Hasil uji t diperoleh thitung sebesar 3,179 dengan ttabel = 1,692, maka thitung>ttabel, sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh metode lawatan sejarah berbasis Google Earth terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. Sedangkan hasil uji regresi diperoleh nilai signifikan = 0,005 dengan taraf signifikansi = 0,05. Karena nilai Sig.<0,05 maka Hₐ diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan metode lawatan sejarah berbasis Google Earth terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran sejarah. Koefisiensi determinasi diperoleh=0,215, yang berarti 21,5% hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah dipengaruhi oleh metode lawatan sejarah berbasis Google Earth dan sisanya 78,5% dipengaruhi faktor lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: historical tours, Google Earth, learning outcomes, history learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > Special Education > History Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Nov 2020 03:32
Last Modified: 06 Nov 2020 03:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41138

Actions (login required)

View Item View Item