PEMBELAJARAN VOKAL ANAK USIA 6-12 TAHUN DALAM SITUASI ADAPTASI KEBIASAAN BARU COVID-19 DI LUCETTE MANAGEMENT SEMARANG


Tertsananda Violita Siswanto, 2501416037 (2020) PEMBELAJARAN VOKAL ANAK USIA 6-12 TAHUN DALAM SITUASI ADAPTASI KEBIASAAN BARU COVID-19 DI LUCETTE MANAGEMENT SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2501416037.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

COVID-19 mengakibatkan lumpuhnya berbagai bidang diseluruh dunia, hal ini berdampak pula pada kegiatan pembelajaran dibidang pendidikan nonformal yang ada di Semarang termasuk Lucette Management Semarang. Tentang bagaimana proses pembelajaran dan apa saja hal yang dilakukan pihak Lucette Management Semarang, khususnya dalam proses pembelajaran vokal anak usia 6-12 tahun yang akan diuraikan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dengan pengamatan alami (natural observation) dengan pendekatan peaedagogi, musikologi dan komunikatif. Data dikumpulkan dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah didapat ditinjau kembali keabsahannya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan atas data yang telah didapat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran di Lucette Management Semarang menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Materi pembelajaran vokal sebelum dan sesudah adaptasi kebiasaan baru Covid-19 masih sama. Kurikulum yang digunakan berasal dari sistem yang bekerja sama dengan pelatih. Media yang digunakan dalam pembelajaran vokal di Lucette Management Semarang saat terjadinya pandemi COVID-19 yaitu menggunakan platform digital (Zoom, WhatsApp Video Call, Google Meet, dsb). Sedangkan saat Adaptasi Kebiasaan baru proses pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan. Lucette Management Semarang sudah cukup siap dalam menghadapi situasi adaptasi kebiasaan baru COVID-19, dapat dilihat dari persiapannya dengan menyediakan berbagai alat guna mencegah menyebarnya COVID-19. Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran vokal di Lucette Management Semarang dengan menerapkan pembelajaran daring mampu mengatasi masalah pembelajaran dengan baik. Oleh sebab itu saran untuk tempat kursus lain dapat mengikuti hal tersebut. Adapun untuk semakin mendukung kelangsungan proses pembelajaran vokal baik secara tatap muka maupun daring, pihak Lucette Management Semarang harus menambahkan fasilitas Wi-Fi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendidikan nonformal, pembelajaran vokal, pembelajaran pada masa kebiasaan baru COVID-19.
Subjects: L Education > Special Education > Non-formal education
L Education > Special Education > Music Education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Nov 2020 03:16
Last Modified: 06 Nov 2020 03:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41136

Actions (login required)

View Item View Item