ANALISIS ARANSEMEN LAGU “A WHOLE NEW WORLD” CIPTAAN TIM RICE DAN ALAN MENKEN PADA INSTRUMEN STRING OLEH STEVE DEAPROF BAND DI PEKALONGAN


Agnes Firda Kristerika, 2501416024 (2020) ANALISIS ARANSEMEN LAGU “A WHOLE NEW WORLD” CIPTAAN TIM RICE DAN ALAN MENKEN PADA INSTRUMEN STRING OLEH STEVE DEAPROF BAND DI PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2501416024.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Aransemen instrumen string lagu A Whole New World oleh Steve Deaprof Band dibuat menarik dan modern, sehingga membuat lagu tersebut menjadi lebih variatif terutama pada isian (filler) string yang berbeda dari lagu aslinya. Hal ini melatarbelakangi peneliti untuk melakukan sebuah penelitian ini. Tujuan yang hendak dicapai penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan aransemen instrumen string lagu A Whole New World oleh Steve Deaprof Band. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Lokasi Penelitian di kantor Steve Deaprof yakni di Jln. KHM Mansyur no.3, Bendan, Pekalongan. Teknik pengumpulan data antara lain: teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data dalam penelitian ini deskriptif kualitatif, yaitu analisis dalam bentuk pernyataan dan analisis yang diungkapkan dengan deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aransemen instrumen string lagu A Whole New World memiliki beberapa simpulan, sebagai berikut; (1) Intro dalam aransemen instrumen string lagu A Whole New World Violin 1 memainkan melodi pada birama ke-3 dan ke-4. Sedangkan Violin 2 dan Cello memainkan nada panjang sebanyak 4 birama dengan satu nada yang sama. (2) Terdapat dua jenis transisi dalam lagu A Whole New World yaitu fill in dan modulasi. (3) Interlude dalam aransemen instrumen string pada lagu A Whole New World terdapat pada birama ke-33 sampai birama ke-37 dan mengalami modulasi satu kali yaitu modulasi dari tangganada natural ke tangganada A mayor. (4) Koda dalam lagu A Whole New World tidak diaransemen dalam bentuk aransemen musik, namun hanya berupa aransemen vokal. Berdasarkan hasil penelitian di atas, penulis menyimpulkan bahwa Steve Deaprof Band memiliki aransemen instrumen string yang berbeda dari lagu aslinya terutama dengan adanya sentuhan violin 1, violin 2, dan cello yang membuat lagu tersebut menjadi lebih menarik. Berdasarkan kesimpulan di atas, berikut merupakan saran; (1) Aransemen instrumen string Steve Deaprof Band diharapkan kedepannya selalu dinamis dalam membuat aransemen musik yang unik dan berbeda dengan yang lainnya. (2) Steve Deaprof Band lebih banyak lagi mencari referensi aransemen musik agar lebih memperluas wawasan dalam membuat aransemen musik, serta membuat sajian-sajian yang unik dengan komposisi aransemen menggunakan tambahan-tambahan ornamentasi yang berkaitan dengan instrumen string. (3) Selalu kompak, selalu membuat terobosan-terobosan baru dalam berbagai event dengan aransemen yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis; Aransemen Musik; Instrumen String; Steve Deaprof Band; A Whole New World
Subjects: L Education > Special Education > Music Education
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Nov 2020 03:14
Last Modified: 06 Nov 2020 03:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41135

Actions (login required)

View Item View Item