PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO DENGAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS MELATI


Septi Saraswati, 1401416353 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA KARTU DOMINO DENGAN PENDEKATAN ACTIVE LEARNING MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS MELATI. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416353.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan yang terjadi di SD Negeri Gugus Melati, Kabupaten Karanganyar adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV. 55 dari 86 siswa tidak tuntas. Berdasarkan observasi dan wawancara diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan pada materi keliling dan luas bangun datar khusunya pada tahap keterampilan dan terbatasnya media pembelajaran yang dapat menunjang berlangsungnya pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media kartu domino dengan pendekatan active learning sebagai media pembelajaran untuk materi keliling dan luas bangun datar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan. Model pengembangan yang dipilih adalah ADDIE yang dikembangkan oleh Branch. Tahap model ADDIE meliputi analysis, design, development, implementation, evaluation. Dalam penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (development) dikarenakan adanya wabah Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media kartu domino dengan pendekatan active learning. Subjek pada penelitian ini adalah siswa dan Guru kelas IV SD Negeri Gugus Melati, serta validator ahli dan pengguna (guru) yang berperan sebagai penilai kelayakan media. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan non tes Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis produk. Kartu domino yang dikembangkan terdiri dari 3 seri yaitu keliling bangun datar, luas bangun datar, keliling dan luas gabungan bangun datar. Setiap satu set kartu domino terdiri dari lima komponen. Media kartu domino dinyatakan sangat layak oleh ahli materi dengan persentase 90%, dinyatakan layak oleh ahli media dengan persentase 85,33%, dan sangat layak oleh pengguna (guru) 95,38%. Simpulan dalam penelitian ini adalah media kartu domino dengan pendekatan active learning layak digunakan sebagai media pembelajaran materi keliling dan luas bangun datar. Saran penelitian ini kartu domino dengan pendekatan active learning dapat digunakan oleh guru sebagai media pembelajaran dan digunakan sesuai dengan panduan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Additional Information: Active Learning: Kartu Domino; Keliling dan Luas bangun Datar
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 06 Nov 2020 03:07
Last Modified: 06 Nov 2020 03:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41133

Actions (login required)

View Item View Item