CINTA SEMPURNA DALAM ROMAN ELLE ET LUI KARYA MARC LEVY : SEBUAH KAJIAN DARI PERSPEKTIF SEGITIGA CINTA ROBERT J. STERNBERG


Wina Nurkhoiriyah Zulfiani, 2311416026 (2020) CINTA SEMPURNA DALAM ROMAN ELLE ET LUI KARYA MARC LEVY : SEBUAH KAJIAN DARI PERSPEKTIF SEGITIGA CINTA ROBERT J. STERNBERG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 2311416026.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Elle et Lui merupakan roman yang ditulis oleh Marc Levy dan diterbitkan pada tahun 2015. Roman ini bercerita mengenai kisah cinta seorang aktris terkenal London bernama Mia dan seorang penulis asal San Fransisco yang tinggal di Paris bernama Paul. Perjalanan cinta mereka tidaklah mulus dan dipenuhi banyak rintangan hingga pada akhirnya mereka menemukan kebahagiaan mereka bersama. Dalam menganalisis roman Elle et Lui, peneliti menggunakan teori Segitiga Cinta Robert J. Sternberg. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komponenkomponen dasar segitiga cinta yaitu intimacy, passion dan decision/commitment pada tokoh utama serta menemukan dampak dari cinta sempurna terhadap kehidupan tokoh utama. Korpus data penelitian ini adalah Elle et Lui karya Marc Levy. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif analitik yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan fakta-fakta yang ada dan kemudian disusul dengan analisis. Kemudian teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis isi laten dan komunikasi. Simpulan yang didapat dari analisis ini adalah adanya tindakan maupun ucapan pada dua tokoh utama yakni Mia dan Paul yang mengalami ketiga komponen dasar cinta yaitu intimacy, passion dan decision/commitment. Kemudian karena cinta mereka memenuhi ketiga komponen dasar cinta, maka cinta mereka dikategorikan ke dalam cinta sempurna. Selanjutnya, cinta sempurna tersebut juga membawa dampak terhadap kehidupan tokoh utama Mia dan Paul. Dampak tersebut berupa perasaan kesedihan, kesalahpahaman serta kebahagiaan. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini adalah dapat memberikan pandangan kepada mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Asing, khususnya mahasiswa program studi Sastra Prancis, bahwa ilmu sastra dapat dikombinasikan dengan ilmu lainnya diluar sastra, dalam penelitian ini, ilmu sastra dikombinasikan dengan ilmu psikologi. Kemudian penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi kerangka acuan serta referensi dalam memahami masalah yang ada di dalam karya sastra khususnya pada karya sastra yang ber-genre romance.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Elle et Lui, cinta sempurna, segitiga cinta.
Subjects: P Language and Literature > PDA French Languages
P Language and Literature > PQ Romance literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Perancis (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Nov 2020 08:12
Last Modified: 05 Nov 2020 08:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41121

Actions (login required)

View Item View Item