KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN KUBUS SATUAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS RADEN SALEH SEMARANG


Yuli Rahmawati, 1401416349 (2020) KEEFEKTIFAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBANTUAN KUBUS SATUAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SDN GUGUS RADEN SALEH SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416349.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika sisiwa, kurangya variasi model yang digunakan oleh guru, guru masih menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction), kurangnya pemahaman siswa tentang materi volue bangun ruang. Guru lebih sering menggunakan media gambar dan benda-benda yang ada di sekitar saja. Siswa kurang terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model CTL terhadap hasil belajar matematika siswa materi volume bangun ruang kelas V SDN Gugus Raden Saleh Semarang. Desain penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Gugus Raden Saleh Semarang terdiri dari 5 SD. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, dengan hasil SDN 1 Limbangan sebagai kelas eksperimen, SDN 2 Limbangan sebagai kelas kontrol, SDN 3 Limbangan dan SDN Tambahsari sebagai kelas uji coba soal. Variabel terikat adalah hasil belajar matematika. Variabel bebas adalah model CTL berbantuan alat peraga kubus satuan. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Analisis data akhir meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) hasil uji ketuntasan belajar menggunakan uji z kelas eksperimen diperoleh zhitung 2,216 > ztabel 1,64 dan kelas kontrol zhitung -0,980 < ztabel 1,64 yang berarti ketuntasan belajar kelas eksperimen lebih dari 75%, dan pada kelas kontrol tidak mencapai 75%. (2) hasil uji persamaan dua rata-rata hasil belajar menggunakan uji t diperoleh hasil thitung 4,041 > ttabel 1,684 yang artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol (3) hasil penghitungan uji N-gain kelas eksprimen 0,67 dengan kriteria sedang dan kelas kontrol 0,54 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model CTL berbantuan alat peraga kubus satuan efektif digunakan pada materi voume bangun ruang kubus dan balok kelas V SDN Gugus Raden Saleh Semarang. Saran penelitian ini yaitu dalam pemilihan model pembelajaran sebaiknya guru memilih model yang dapat membantu keaktifan siswa dan membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CTL; Kubus Satuan; Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Nov 2020 08:09
Last Modified: 05 Nov 2020 08:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41120

Actions (login required)

View Item View Item