PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI PONGANGAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG


Efa Okvita Rosadian, 1401416069 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI PONGANGAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416069.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan prapenelitian yang dilakukan di kelas V SD Negeri Pongangan, diperoleh informasi bahwa bahan ajar yang digunakan masih belum memanfaatkan lingkungan di sekeliling siswa. Buku teks yang digunakan dalam pembelajaran masih ditemukan contoh-contoh yang kurang sesuai dengan lingkungan tempat tinggal siswa. Hal tersebut terjadi karena buku tematik yang digunakan saat pembelajaran merupakan buku yang diproduksi secara nasional, sementara Indonesia merupakan Negara yang memiliki budaya yang beragam. Sehingga pembelajaran yang dilakukan kurang kriteria ketuntasan minimal karena siswa tidak mempelajari contoh nyata dari peristiwa, keragaman lokal, dan hal-hal yang dekat dengan kehidupan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis lokal Kecamatan Gunungpati Kota Semarang yang di dalamnya memuat bacaan-bacaan tentang keragaman Kecamatan Gunungpati Kota Semarang yang dekat dengan kehidupan siswa SD Negeri Pongangan serta menguji kelayakan dan keefektifan bahan ajar tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono. Peneliti henya menggunakan tujuh tahap yaitu penemuan masalah, pengumpulan data, perancangan produk, validasi produk, revisi, uji coba produk skala kecil, dan revisi produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar berbasis lokal untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Pongangan, Kecamatan Gunungpati dinyatakan layak untuk digunakan oleh ahli media dengan persentase 79%, ahli materi dengan persentase 87%, dan ahli bahasa dengan persentase 75%. (2) bahan ajar berbasis lokal Kecamatan Gunungpati Kota Semarang efektif digunakan. Dengan perhitungan uji peningkatan rata-rata (Gain), diketahui bahwa peningkatan rata-rata (Gain) data tes awal dan tes akhir sebesar 0,527 dan tergolong dalam kriteria sedang. Simpulan hasil penelitian ini yaitu bahan ajar berbasis lokal yang dikembangkan layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Saran yang disampaikan yaitu: (1) bahan ajar berbasis lokal Kecamatan Gunungpati Kota Semarang dapat dijadikan sebagai referensi alternatif pilihan bahan ajar materi menguraikan urutan peristiwa atau tindakan pada teks nonfiksi muatan pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa dan guru SD Kelas V. (2) guru sebaiknya dapat mengembangkan bahan ajar lokal dalam bentuk yang lebih bervariasi agar pemahaman siswa dan hasil belajar dapat meningkat dan melakukan penelitian pengembangan serupa muatan pembelajaran dan bentuk bahan ajar yang berbeda untuk menambah referensi alternatif dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Berbasis Lokal, Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Nov 2020 08:04
Last Modified: 05 Nov 2020 08:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41118

Actions (login required)

View Item View Item