HUBUNGAN PERSPEKTIF SISWA MENGENAI INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA REALIA OLEH GURU DAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN GUGUS SULTAN AGUNG GAJAH DEMAK


Ita Wulandari, 1401416056 (2020) HUBUNGAN PERSPEKTIF SISWA MENGENAI INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA REALIA OLEH GURU DAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN GUGUS SULTAN AGUNG GAJAH DEMAK. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416056.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di kelas IV SDN Gugus Sultan Agung Gajah, Demak yaitu intensitas penggunaan media realia oleh guru saat di kelas dan kurangnya keaktifan siswa dalam materi matematika. Sehingga mengakibatkan hasil belajar matematika siswa rendah. Dari hasil wawancara guru, diketahui aspek yang mempengaruhi hasil belajar matematika yang dirumuskan dalam rumusan masalah yaitu (1) adakah hubungan perspektif siswa mengenai intensitas penggunaan media realia oleh guru dengan hasil belajar mata pelajaran matematika di kelas IV Gugus Sultan Agung, (2) adakah hubungan keaktifan siswa dengan hasil belajar matematika di kelas IV Gugus Sultan Agung, (3) hubungan perspektif siswa mengenai intensitas penggunaan media realia oleh guru dan keaktifan belajar dengan hasil belajar mata pelajaran matematika di kelas IV Gugus Sultan Agung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif berjenis korelasi yang berpopulasi 144 siswa dengan teknik pengambilan sampel proporsional random sampling berjumlah 101 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Uji instrument dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis product moment. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Adanya hubungan yang positif dan signifikan perspektif siswa mengenai intensitas penggunaan media realia oleh guru dengan hasil belajar matematika; (2) Adanya hubungan yang positif dan signifikan keaktifan belajar terhadap hasil belajar matematika; (3) Adanya hubungan positif dan signifikansi perspektif siswa mengenai intensitas penggunaan media realia oleh guru dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar matematika. Simpulan dalam penelitian ini adalah adanya hubungan yang positif perspektif siswa mengenai intensitas penggunaan media realia oleh guru dan keaktifan belajar dengan hasil belajar matematika siswa kelas SDN Gugus Sultan Agung Gajah, Demak. Saran dalam penelitian ini yaitu guru lebih mengoptimalkan dalam intensitas penggunaan media realia matematika dan meningkatkan keaktifan belajar siswa sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media realia, keaktifan belajar, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Achievement
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Nov 2020 08:02
Last Modified: 05 Nov 2020 08:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41117

Actions (login required)

View Item View Item