RANCANG BANGUN APLIKASI REKAM MEDIS PASIEN GIGI MENGGUNAKAN JAVA DAN MYSQL DI KLINIK PRATAMA RAWAT INAP GRAHA SYIFA KOTA SEMARANG


Nur Mufarridiyah, 5302414042 (2020) RANCANG BANGUN APLIKASI REKAM MEDIS PASIEN GIGI MENGGUNAKAN JAVA DAN MYSQL DI KLINIK PRATAMA RAWAT INAP GRAHA SYIFA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302414042.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pengarsipan dokumen rekam medis pasien gigi di Klinik Pratama Rawat Inap Graha Syifa Kota Semarang. Dokumen rekam medis di klinik tersebut disimpan secara konvensional menggunakan kertas. Hal ini menimbulkan permasalahan dalam pengelolaan dan penyimpanan data pasien, mengingat banyaknya data pasien yang pernah melakukan pemeriksaan. Lamanya proses pencarian data dan kemungkinan adanya duplikasi data pasien ketika rekam medis sebelumnya tidak dapat ditemukan. Tujuan penelitian ini adalah (1) menghasilkan aplikasi rekam medis pasien gigi menggunakan bahasa pemrograman Java dan database MySQL, (2) mengetahui kelayakan aplikasi tersebut, (3) mengetahui efektivitas kinerja aplikasi dari segi penilaian pengguna. Penelitian ini menggunakan metode SDLC (System Development Life Cycle). Adapun prosedur penelitian ini dimulai dari persiapan penelitian, analisis kebutuhan aplikasi, desain dan perancangan, implementasi(pengkodean), pengujian aplikasi, implementasi produk dan analisa hasil.Metode pengujian aplikasi ini menggunakan blackbox testing, uji ahli dan uji pengguna. Setelah melakukan wawancara dan observasi, dibuatlah rancang bangun aplikasi rekam medis pasien gigi di Klinik Rawat Inap Graha Syifa Kota Semarang menggunakan java dan mysql. Selanjutnya aplikasi ini diuji menggunakan metode pengujian yang telah ditentukan.Dari hasil analisis data uji kelayakan aplikasi yang dilakukan oleh ahli perangkat lunak dan ahli dibidang kedokteran gigi, diperoleh skor presentase 82,67% yang berarti aplikasi ini termasuk dalam kategori “sangat layak”.Sedangkan hasil uji efektivitas pengguna aplikasi ini memperoleh skor presentase 95% yang berarti masuk dalam kriteria “sangat layak”.Dan untuk penelitian selanjutnya peneliti memberikan saran agar aplikasi ini dapat dikembangkan lagi dari aplikasi berbasis desktop menjadi aplikasi berbasis web.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi, Dekstop, Rekam Medis, SDLC, Blackbox, Efektivitas
Subjects: T Technology > Information and Computer
T Technology > Computer Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Nov 2020 07:10
Last Modified: 05 Nov 2020 07:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41104

Actions (login required)

View Item View Item