RANCANG-BANGUN APLIKASI “JAKA SOKOAJI” UNTUK MENGENALKAN KESENIAN TRADISIONAL JARAN KEPANG DESA SOKOYOSO KAB. PEKALONGAN BERBASIS ANDROID


Ade Majid Marsetyanto, 5302413075 (2020) RANCANG-BANGUN APLIKASI “JAKA SOKOAJI” UNTUK MENGENALKAN KESENIAN TRADISIONAL JARAN KEPANG DESA SOKOYOSO KAB. PEKALONGAN BERBASIS ANDROID. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5302413075.pdf]
Preview
PDF
Download (3MB) | Preview

Abstract

Kini kesenian tradisional kalah bersaing dengan kesenian popular dan modern. Hal ini dibuktikan dengan mulai menurunnya minat masyarakat untuk menyaksikan ataupun mempelajarinya. Salah satu faktornya adalah dengan adanya kemajuan teknologi. Berdasarkan pernyataan diatas, dapat ditemukan identifikasi masalah yaitu, semakin tenggelamnya kesenian tradisional khususnya tradisi jaran kepang di zaman modern ini, semakin berkurangnya minat masyarakat sekarang untuk mempelajari dan melestarikan kesenian tradisional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengenalkan dan mempromosikan Sanggar SokoAji dengan keseniannya salah satu warisan budaya yaitu jaran kepang yang ada di Sokoyoso, dan rancang bangun ini merupakan media untuk mengenalkan kesenian tradisional tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Research and Development (RND). Pada pengujian aplikasi yang dibuat digunakan beberapa jenis pengujian, yaitu uji kelayakan oleh ahli materi dan ahli media, serta uji kelayakan yang dilakukan oleh beberapa masyarakat Desa Sokoyoso. Pengujian menggunakan Teknik angket. Hasil pengujian ahli materi diatas mendapatkan prosentase 80%, dikarenakan pada lembar penelitian yang diberikan serta pada media (aplikasi) yang ditunjukkan, mereka memperhatikan beberapa poin yang membuat hasil pengujian cukup tinggi, begitu juga untuk hasil pengujian ahli media, mendapatkan prosentase sebesar 85%. Dapat dikatakan mereka sangat memperhatikan semua aspek yang diberikan, serta aspek didalam media (aplikasi) yang dibuat. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang dibuat layak dan disetujui oleh para ahli. Saran untuk penelitian kedepannya yaitu, penelitian ini hanya terbatas pada apa yang peneliti dapat dari observasi yang cukup singkat, serta penelitian ini belum sempat melakukan uji blackbox dan diharapkan untuk kedepannya dapat dilakukan uji tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesenian, Jaran Kepang, Desa Sokoyoso Kini kesenian tradisional kalah bersaing dengan
Subjects: T Technology > Computer Engineering
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Nov 2020 07:06
Last Modified: 05 Nov 2020 07:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41103

Actions (login required)

View Item View Item