PENERAPAN IoT DALAM RANCANG BANGUN SISTEM PROTEKSI MOTOR INDUKSI TIGA FASA DARI GANGGUAN BEBAN LEBIH BERBASIS MIKROKONTROLLER


Abdul Wakhid, 5301414053 (2020) PENERAPAN IoT DALAM RANCANG BANGUN SISTEM PROTEKSI MOTOR INDUKSI TIGA FASA DARI GANGGUAN BEBAN LEBIH BERBASIS MIKROKONTROLLER. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301414053.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Di sektor industri saat ini, motor listrik sudah menjadi kebutuhan pokok bagi para pelaku industri untuk mendukung proses produksinya. Penggunaan motor listrik dipilih karena mempunyai sifat mudah dioperasikan dan tidak menimbulkan polusi suara dibanding dengan pengunaan tenaga motor diesel atau motor bakar. Motor listrik digunakan untuk menggerakkan beban atau sebagai penggerak pengangkatan beban. Sistem proteksi motor induksi tiga fasa dipasang untuk melindungi motor pada saat bekerja sehingga meminimalisir kerusakan yang diakibatkan dari gangguan-gangguan yang muncul. Saat ini sistem proteksi motor induksi masih tergolong manual, maka diperlukan sebuah sistem proteksi otomatis sehingga dapat menjaga motor induksi tetap bekerja dan minim gangguan. Sistem ini menggunakan mikrokontroler, sensor arus dan sensor suhu. Modul Wifi sebagai transmisi data, Relay SSR sebagai pemutus daya, serta blynk apps sebagai aplikasi pemonitornya karena memiliki keunggulan dan kemudahan dalam pengoperasiannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan. Pengujian yang dilakukan adalah dengan kalibrasi sensor, dan uji kinerja sistem. Hasil pengujian yang didapatkan dari pengukuran manual dan yang ditampilkan pada android memiliki persentase error kurang lebih 1,85% pada uji coba keseluruhan alat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motor Induksi Tiga Fasa, Sistem Proteksi, Mikrokontroler
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Nov 2020 06:53
Last Modified: 05 Nov 2020 06:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41099

Actions (login required)

View Item View Item