PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER KERJASAMA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS


Farkhatun Sholikhah, 0103517100 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER KERJASAMA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER KERJASAMA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS]
Preview
PDF (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER KERJASAMA DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Sholikhah, Farkhatun. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran STAD berbantuan LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Karakter Kerjasama dan Keterampilan Berpikir Kritis”. Tesis. Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Prof. Dr. Tri Joko Raharjo, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Purwadi Suhandini S.U. Kata Kunci: Pembelajaran STAD, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran IPS. Model Pembelajaran STAD Berbantuan LKPD berbasis saintifik mengembangkan karakter kerjasama dan keterampiln berpikir kritis. Tujuan Penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD berbantuan LKPD berbasis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Karakter Kerjasama dan Keterampilan Berpikir Kritis. Pendekatan penelitian ini menggunakan Quasi eksperimen yaitu control group posttest-only design. Sampel penelitian ini sebanyak 60 siswa dari 2 sekolah dasar yakni dari SDN Pulosari 03 sebanyak 30 peserta didik dan SDN Pemaron 02 sebanyak 30 peserta didik yang terletak di kecamatan Brebes kabupaten Brebes. Teknik pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja, angket dan observasi. Teknik analisis data adalah uji prasyarat penelitian meliputi uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas serta uji hipotesis meliputi uji statistik deskriptif, dan uji regresi linier sederhana Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran STAD berbantuan LKPD berbasis pendekatan Saintifik berpengaruh meningkatkan keterampialn karakter kerjasama, 2) Model pembelajaran STAD berbantuan LKPD berbasis pendekatan saintifik berpengaruh meningkatkan keterampilan berpikir, 3) Terdapat pengaruh positif antara karakter kerjasama dan keterampilan berpikir kritis. Simpulan penelitian ini adalah Model pembelajaran STAD berbantuan LKPD berbasis pendekatan Saintifik berpengaruh positif terhadap peningkatan karakter kerjasama dan keterampilan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran STAD, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran IPS.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 05 Nov 2020 04:58
Last Modified: 05 Nov 2020 04:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41083

Actions (login required)

View Item View Item