KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN GAMBAR SERI UNTUK MENGEMBANGKAN PENGETAHUAN PENDIDIKAN SEKS ANAK USIA DINI


FARAH KAMELIA ALI PUTRI, 0103516040 (2019) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN GAMBAR SERI UNTUK MENGEMBANGKAN PENGETAHUAN PENDIDIKAN SEKS ANAK USIA DINI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN GAMBAR SERI UNTUK MENGEMBANGKAN PENGETAHUAN PENDIDIKAN SEKS ANAK USIA DINI]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DAN GAMBAR SERI UNTUK MENGEMBANGKAN PENGETAHUAN PENDIDIKAN SEKS ANAK USIA DINI)
Download (618kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Putri, Farah Kamelia Ali. 2019. “Keefektifan Penggunaan Media Audio Visual dan Gambar Seri untuk Mengembangkan Pengetahuan Pendidikan Seks Anak Usia Dini”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PAUD. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Fakhruddin, M.Pd, Pembimbing II Dr. Udi Utomo, M.Si. Kata Kunci: Media Audio Visual, Media Gambar Seri, Pendidikan Seks, Anak Usia Dini. Pelecehan atau kekerasan seksual merupakan salah satu bentuk peristiwa traumatis yang dialami banyak anak-anak. Peristiwa traumatis seperti pelecehan seksual, pemukulan, penolakan, atau penelantaran, dapat mempengaruhi perkembangan anak di masa depan. Pengenalan tentang pendidikan seks pada anak tentu harus disampaikan dengan media yang menarik dan efektif. Untuk itu, dalam penelitian ini peneliti akan meneliti tentang media yang afektif digunakan dalam mengembangkan pengetahuan pendidikan seks. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan media audio visual dan gambar seri terhadap peningkatan pengetahuan pendidikan seks pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah Mixed Method dengan pendekatan Squential Explanatory. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas B di RA Plus Qiraati Iqbal sebanyak 31 sebagai kelas eksperimen (media audio visual), 31 anak lainnya sebagai kelas kontrol dan siswa kelas B di RA Muslimat Jepara sebagai kelas eksperimen (media gambar seri). Jumlah subjek yang diteliti adalah 92 anak. Hasil penelitian menyebutkan ketidakefektifan yang ditandai pada nilai Sig. (2- tailed) 0,889 lebih besar dari 0,05 (p > 0,05). Hal ini berarti bahwa tidak terdapat perbedaan hasil penggunaan video pembelajaran dan gambar seri terhadap pengetahuan pendidikan seks anak usia dini yang ditandai pada nilai t-hitungnya sebesar -0,140 dengan probabilitas Sig. (2-tailed) 0,889. Karena hasil penelitian tidak efektif maka dilakukan penelitian tambahan yaitu penelitian kualitatif untuk mengetahui alasan terkait ketidakefektifan dua media tersebut dalam pendidikan seks anak usia dini. Salah satunya adalah media yang tersebut memiliki kemenarikan, namun tidak ditangkap secara maksimal oleh siswa untuk mengetahui pesan/isi yang tersampaikan. Kesimpulan penelitian ini adalah media audio visual tidak efektif digunakan dalam pengenalan pendidikan seks pada anak usia dini. Begitu juga dengan gambar seri, tidak afektif digunakan dalam pengenalan pendidikan seks pada anak usia dini.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Media Audio Visual, Media Gambar Seri, Pendidikan Seks, Anak Usia Dini.
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
L Education > L Education (General) > learning activity
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 05 Nov 2020 04:53
Last Modified: 05 Nov 2020 04:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41082

Actions (login required)

View Item View Item