PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK KOMIK MATERI RANGKA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS 5 SD


FAHREZA BURHANUDIN, 0103514030 (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK KOMIK MATERI RANGKA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS 5 SD. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK KOMIK MATERI RANGKA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS 5 SD]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBENTUK KOMIK MATERI RANGKA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS 5 SD)
Download (707kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Burhanudin, Fahreza. Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Komik Materi Rangka Manusia untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA Kelas 5 SD. Tesis. Program Study Pendidikan Dasar IPA. Program Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Sri Mulyani Endang Susilowati, M. Pd., Pembimbing II, Dr. Sri Haryani, M. Pd. Kata Kunci : Bahan Ajar, Komik, Kerangka Manusia, IPA IPA menjadi satu mata pelajaran wajib di sekolah dasar. Dengan belajar IPA, diharapkan menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada kenyataannya, masih banyak guru yang menerapkan metode ceramah dan tidak menggunakan media pembelajaran khususnya kerangka manusia yang sudah tersedia di sekolah. Begitu juga minimnya bahan ajar kerangka manusia yang kreatif dan menarik bagi siswa. Tujuan penelitian ini secara khusus adalah untuk menghasilkan bahan ajar komik bermateri kerangka manusia pada kelas 5 Sekolah Dasar Mahad Islam, untuk mengetahui kevalidan komik kerangka manusia sebagai bahan ajar IPA kelas V SD, untuk mengetahui keefektifan komik kerangka manusia sebagai bahan ajar IPA kelas V SD. Penelitian ini dilakukan menggunakan model Research And Development (R&D). Intsrumen pada penelitian ini menggunakan angket dan soal evaluasi. Hasil penelitian ini adalah bahan ajar komik bermateri kerangka manusia untuk meningkatkan minat dan hasil belajar kelas 5 SD. Bahan ajar komik dinyatakan valid dengan memperoleh skor dari ahli media yaitu 4,0 dengan kategori baik dan perolehan skor dari ahli materi yaitu 3,91 termasuk kategori baik. Bahan ajar komik dinyatakan efektif dengan memperoleh skor dari minat belajar yaitu 86% termasuk kategori tinggi. Pengukuran N-Gain menunjukkan hasil 6,7 termasuk kategori sedang. Sedangkan hasil belajar ketuntasan klasikal siswa mempunyai presentase 90,9% sudah berada diatas ketentuan 80%. Simpulan dari penelitian ini dinyatakan bahwa bahan ajar komik bermateri kerangka manusia pada mata pelajaran IPA, dinyatakan valid dan efektif, sehingga layak digunakan sebagai suplemen bahan ajar yang sudah ada. Saran untuk penelitian ini adalah sebaiknya dinas pendidikan lebih memperhatikan kualitas dan dan mutu bahan ajar yang menarik dengan mengadakan pelatihan dalam penyusun bahan ajar yang baik, kreatif, inovatif dan menyenangkan bagi siswa. Serta menggunakan bahan ajar yang digunakan di sekolah harus sesuai dengan kebutuhan sekolah dan lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Bahan Ajar, Komik, Kerangka Manusia, IPA
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 05 Nov 2020 04:46
Last Modified: 05 Nov 2020 04:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41080

Actions (login required)

View Item View Item