KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING BERBANTUAN LMS MOODLE


Sudianto, 0401516017 (2018) KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING BERBANTUAN LMS MOODLE. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING BERBANTUAN LMS MOODLE]
Preview
PDF (KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING BERBANTUAN LMS MOODLE) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Sudianto. 2018. “Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Siswa pada Model Pembelajaran Project-Based Learning Berbantuan LMS Moodle”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Dwijanto, M.S., Pembimbing ke II Dr. Nuriana Rachmani Dewi (Nino Adhi), S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Kemandirian Belajar,Project-Based Learning, LMS Moodle. Kemampuan berpikir kreatif adalah kemampuan siswa dalam memahami masalah dan menemukan penyelesaian dengan strategi atau metode yang bervariasi atau divergen. Kemandirian belajar merupakan salah satu aspek afektif yang penting dalam pembelajaran matematika. Diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar siswa salah satunya yaitu model pembelajaran project-based learning berbantuan LMS Moodle. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji keefektifan pembelajaran project-based learning berbantuan LMS Moodle terhadap pencapaian kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar siswa (2) mengetahui kontribusi (Effect Size) pembelajaran project-based learning berbantuan LMS Moodle terhadap pencapaian kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar siswa (3) mendeskripsikan pencapaian kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed methods dengan desain concurrent embedded. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Putra Nirmala Cirebon Tahun Pelajaran 2017/2018. Dengan menggunakan teknik random sampling terpilih siswa kelas X.A sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran project-based learning berbantuan LMS Moodle, dan siswa kelas X.B sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Subjek penelitian diambil berdasarkan kategori kemampuan awal matematis siswa yaitu kategori siswa dengan kemampuan awal matematis atas, tengah dan bawah. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran project-based learning berbantuan LMS Moodle efektif terhadap pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa. Kontribusi (Effect Size) pembelajaran project-based learning berbantuan LMS Moodle terhadap pencapaian kemampuan berpikir kreatif dan kemandirian belajar secara keseluruhan termasuk pada kategori tinggi. Kemandirian belajar siswa terlihat ketika aktivitas pembelajaran seperti mengerjakan proyek, berdiskusi, menyajikan proyek, membuat laporan serta mengerjakan kuis online pada materi aturan sinus dan cosinus.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Kemandirian Belajar,Project-Based Learning, LMS Moodle.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 05 Nov 2020 04:31
Last Modified: 05 Nov 2020 04:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41075

Actions (login required)

View Item View Item