ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING YANG DISERTAI REMEDIAL TEACHING SEBAGAI TINDAK LANJUT HASIL ASESMEN DIAGNOSTIK


Samsul Arifin, 0401515024 (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING YANG DISERTAI REMEDIAL TEACHING SEBAGAI TINDAK LANJUT HASIL ASESMEN DIAGNOSTIK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING YANG DISERTAI REMEDIAL TEACHING SEBAGAI TINDAK LANJUT HASIL ASESMEN DIAGNOSTIK]
Preview
PDF (ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING YANG DISERTAI REMEDIAL TEACHING SEBAGAI TINDAK LANJUT HASIL ASESMEN DIAGNOSTIK) - Submitted Version
Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Arifin, Samsul. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Pembelajaran Model Problem Based Learning yang Disertai Remedial Teaching Sebagai Tindak Lanjut Hasil Asesmen Diagnostik. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana Unnes.Pembimbing I: Prof. Dr. Kartono, M.Si; Pembimbing II: Dr. Isti Hidayah, M.Pd Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Model Problem Based Learning, Gaya Kognitif , Asesmen Diagnostik, Remedial Teaching. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan kesulitan belajar peserta didik dalam belajar matematika.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kualitas pembelajaran model problem based learning dengan asesmen diagnostik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, (2) mendeskripsikan kegiatan tindak lanjut dari hasil asesmen diagnostik pada pencapaian kemampuan pemecahan masalah, dan (3) mendeskripsikan pola kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian mixed method tipe concurrent embedded. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA N 1 Bojong. Pengambilan data gaya kognitif menggunakan tes GEFT, pengambilan data kemampuan pemecahan masalah matematika menggunakan tes. Efektivitas dianalisis berdasarkan uji rata-rata, uji ketuntasan, uji beda rata-rata, dan uji beda proporsi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan asesmen diagnostik efektif. Hasil asesmen diagnostik ditindak lanjuti dengan memberikan perlakuan yang sesuai dengan letak kesulitan peserta didik meliputi pembelajaran ulang, pemberian bimbingan khusus, pemberian tugas, tanya jawab, dan pemanfaatan tutor sebaya. Kemampuan pemecahan masalah peserta didik field independent lebih baik daripada peserta didik field dependent. Subjek field independent mampu menguasai dengan baik empat indikator kemampuan pemecahan masalah menurut NCTM yaitu : membangun pengetahuan matematika baru melalui pemecahan masalah; menyelesaikan masalah yang muncul di dalam matematika dan bidang lain; menerapkan dan menyesuaikan bermacam-macam strategi yang sesuai untuk memecahkan masalah; mengamati dan mengembangkan proses pemecahan masalah matematika, sedangkan subjek field dependent belum mampu menguasai dengan baik keempat indikator kemampuan pemecahan masalah tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Model Problem Based Learning, Gaya Kognitif , Asesmen Diagnostik, Remedial Teaching.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 05 Nov 2020 04:27
Last Modified: 05 Nov 2020 04:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41074

Actions (login required)

View Item View Item