PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA MATERI GEJALA PEMANASAN GLOBAL BERBASIS LITERASI SAINS
Yeni Purwiyantini, 0403515023 (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA MATERI GEJALA PEMANASAN GLOBAL BERBASIS LITERASI SAINS. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA MATERI GEJALA PEMANASAN GLOBAL BERBASIS LITERASI SAINS)
Download (691kB) | Preview |
Abstract
Purwiyantini, Yeni. 2018. “Pengembangan Bahan Ajar Fisika SMA Kelas XI Materi Gejala Pemanasan Global Berbasis Literasi Sains”. Tesis, Program Studi Pendidikan Fisika. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Ani Rusilowati, M.Pd., Pembimbing II Dr. Budi Astuti, M.Sc. Kata kunci: Bahan ajar, Literasi Sains, Pemanasan Global Pendidikan sains di Indonesia telah dilakukan sejak lama dan telah banyak berperan dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.Berdasarkan hasil penelitian PISA, Indonesiapada kategori literasi sains masih menduduki peringkat bawah.Salah satu faktor yang memengaruhi rendahnya literasi sains siswa adalah pemilihan bahan ajar.Bahan ajar sains yang baik adalah bahan ajar yang sesuai dengan perkembangan siswa. Bahan ajar fisika juga perlu memperhatikan muatanliterasi sains, yang meliputi sains sebagai batang tubuh pengetahuan, sains sebagaicara menyelidiki, sains sebagai cara berpikir, dan interaksi antara sains teknologidan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development. Produk dalam penelitian ini adalah bahan ajar fisika kelas XI SMA materi gejala pemanasan global berbasis literasi sains. Uji coba produk dilaksanakan di SMA N 1 Bumiayu. Penilaian kevalidan dilakukan oleh pakar ahli, selanjutnya dilakukan uji keterbacaan dan uji keefektifan bahan ajar. Uji keefektifan bahan ajar menggunakan desain prestest-postest control group design.Kelompok eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 2 dan sebagai kelompok kontrol adalah kelas XI IPA 1. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang menggunakan bahan ajar fisika materi gejala pemanasan global berbasis literasi sains sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang menggunakan bahan ajar yang umum digunakan. Hasil penelitian uji kelayakan produk dari tiga validator memperoleh persentase 81,25 % sehingga dikategorikan sangat layak digunakan. Berdasarkan hasil uji keterbacaan bahan ajar berbasis literasi sains dikategorikan mudah dipahami karena memperoleh persentase > 57% yaitu sebesar 89,47 %. Hasil uji keefektifan menunjukkan kelas eksperimen memiliki rata-rata gainpeningkatan hasil belajar kognitif sebesar 0,51 dan rata-rata hasil belajar afektif sebesar 69,41 serta psikomotorik sebesar 64,71 yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Berdasarkan data tersebut maka bahan ajar fisika SMA kelas XI berbasis literasi sains yang dikembangkan tergolong layak, mudah dipahami dan efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Bahan ajar, Literasi Sains, Pemanasan Global |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 04:28 |
Last Modified: | 05 Nov 2020 04:28 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41073 |
Actions (login required)
View Item |