KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI DAN BERPIKIR ANALITIK SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG


Tina Anggraini, 0403516011 (2018) KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI DAN BERPIKIR ANALITIK SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI DAN BERPIKIR ANALITIK SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG]
Preview
PDF (KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI DAN BERPIKIR ANALITIK SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG)
Download (561kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Anggraini, Tina 2018. “Kemampuan Multirepresentasi dan Berpikir Analitik Siswa Berkebutuhan Khusus pada Materi Getaran dan Gelombang”. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Sunyoto Eko Nugroho, M.Si., Pembimbing II Dr. Bambang Subali. M.Pd. Kata kunci: multirepresentasi, berpikir analitik, pembelajaran berbasis masalah, tunarungu Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan multirepresentasi dan berpikir analitik siswa berkebutuhan khusus tunarungu pada pembelajaran berbasis masalah. Proses berpikir siswa membutuhkan berbagai representasi dan bermacam-macam cara atau langkah untuk memecahkan sebuah permasalahan. Penelitian ini menggunakan metode mixed methods. Populasi penelitian yaitu siswa SMPLB Negeri Ungaran dengan sampel siswa SMPLB khusus tunarungu. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan multirepresentasi dan berpikir analitik, lembar angket, dan lembar wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan multirepressentasi memiliki hubungan kuat dengan berpikir analitik. Selama proses pembelajaran, kemampuan multirepresentasi dan berpikir analitik pada postes mengalami peningkatan. Nilai gain untuk kemampuan multirepresentasi sebesar 0,42 dan termasuk kategori sedang. Nilai gain kemampuan berpikir analitik sebesar 0,22 dan termasuk kategori rendah. Kemampuan multirepresentasi siswa kategori rendah paling tinggi adalah representasi verbal, kategori sedang adalah representasi visual, sedangkan kategori tinggi adalah representasi matematis. Nilai kemampuan berpikir analitik siswa paling tinggi pada indikator menghubungkan. Faktor kesulitan belajar yang perlu diperhatikan adalah bakat siswa serta metode mengajar guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: multirepresentasi, berpikir analitik, pembelajaran berbasis masalah, tunarungu
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > Disability
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > Disability
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Development of Learning Materials
L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
Q Science > QC Physics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 05 Nov 2020 04:23
Last Modified: 05 Nov 2020 04:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41065

Actions (login required)

View Item View Item