ANALISIS DISTRIBUSI KECEPATAN, TEKANAN DAN TEMPERATUR PADA PERANCANGAN SALURAN GAS BUANG MOBIL DESA DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE SOLIDWORKS


Febri Dwi Nugroho, 5212414022 (2020) ANALISIS DISTRIBUSI KECEPATAN, TEKANAN DAN TEMPERATUR PADA PERANCANGAN SALURAN GAS BUANG MOBIL DESA DENGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE SOLIDWORKS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5212414022.pdf]
Preview
PDF
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penenlitian ini bertujuan untuk mengetahui pola aliran pada desain exhaust manifold (saluran gas buang) yang dirancang dalam penelitian ini. Kemudian mendapatkan desain saluran buang yang optimal dari 3 variasi muffler serta menghasilkan gambar kerja 2D dan gambar ilustrasi assembling 3D guna acuan dala produksi knalpot mobil desa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode simulasi menggunakan computational fluid dynamics (CFD) dengan Software Solidworks 2016. Simulasi dilakukan pada tiga desain model exhaust manifold untuk mengetahui distribusi kecepatan, tekanan dan temperature serta distribusi aliran. Nilai terbaik dari rata-rata Tekanan dan Kecepatan yang diambil dari tujuh titik pengambilan dipilih sebagai desain yang terbaik pada penelitian ini. Hasil simulasi menunjukkan muffler tipe 2 merupakan yang terbaik walaupun beberapa nilai parameternya bukan yang terbaik. Secara konstruksi desain tipe II memiliki sekat muffler yang berada ditengah-tengah panjang dari muffler. Pada grafik velocity tipe 2 menunjukkan kecepatan relatif seragam dibanding yang lain sehingga dianggap lebih baik. Dari hasil grafik temperatur dapat diketahui juga grafik temperatur tipe 2 menunjukan rata-rata temperatur yang lebih rendah dibanding tipe 1 dan 3 yakni 298,18 oC sehingga knalpot menjadi lebih awet. Dari 3 desain variasi muffler didapatkan tipe 2 menjadi muffler yang paling optimal untuk desain saluran buang. Karena pada desain tipe 2 menghasilkan delta (selisih) tekanan yang paling besar besar yakni 0,111 bar serta delta (selisih) kecepatan yang paling kecil yakni 25,27 m/s.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis, Computational fluid dynamics, muffler
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Nov 2020 04:05
Last Modified: 05 Nov 2020 04:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41064

Actions (login required)

View Item View Item