KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN GENDER PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN ASESMEN PROYEK


MAULIDA FATMA REZA AULA, 0401516013 (2018) KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN GENDER PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN ASESMEN PROYEK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN GENDER PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN ASESMEN PROYEK]
Preview
PDF (KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DAN GENDER PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PBL BERBANTUAN ASESMEN PROYEK) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Aula, Maulida F.R. 2018. “Kemampuan Literasi Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar dan Gender Peserta Didik Pada Pembelajaran PBL Berbantuan Asesmen Proyek”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Hardi Suyitno, M.Pd., Pembimbing II Dr. Isnaini Rosyida, S.Si, M.Si. Kata Kunci: kemampuan literasi matematika, gaya belajar, gender, pembelajaran PBL, asesmen proyek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran PBL berbantuan asesmen proyek terhadap kemampuan literasi matematika dan mendeskripsikan kemampuan literasi matematika peserta didik pada kelas pembelajaran PBL berbantuan asesmen proyek berdasarkan gaya belajar dan gender. Jenis penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan desain penelitian concurrent embedded. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII E sebagai kelas kontrol. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 6 Semarang pada tahun pelajaran 2017/2018. Data kuantitatif berupa nilai kemampuan literasi matematika akhir yang dianalisis dengan uji proporsi, uji-t dan data kualitatif melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Analisis kuantitatif dan kualitatif yang dilakukan dalam penelitian ini memberikan hasil: 1) pembelajaran PBL berbantuan asesmen proyek efektif: (a) kemampuan literasi matematika peserta didik dengan pembelajaran PBL berbantuan asesmen proyek mencapai batas tuntas; (b) kemampuan literasi matematika peserta didik tuntas secara klasikal, yaitu proporsi ketuntasan peserta didik dengan pembelajaran PBL berbantuan asesmen proyek minimal 80%; dan (c) kemampuan literasi matematika peserta didik dengan pembelajaran PBL berbantuan asesmen proyek lebih baik daripada kemampuan literasi matematika peserta didik dengan pembelajaran PBL; 2) peserta didik laki-laki dengan gaya belajar visual mampu menguasai communication dengan baik, peserta didik perempuan dengan gaya belajar visual mampu menguasai communication, mathematising, dan representation, peserta didik laki-laki dengan gaya belajar auditorial mampu menguasai communication, mathematising, dan reasoning and argument dengan baik, peserta didik perempuan dengan gaya belajar auditorial mampu menguasai communication dan mathematising, peserta didik laki-laki dan perempuan dengan gaya belajar kinestetik mampu menguasai masing-masing communication dan mathematising dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: kemampuan literasi matematika, gaya belajar, gender, pembelajaran PBL, asesmen proyek.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Gender
L Education > LB Theory and practice of education > Problem Based Learning
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 05 Nov 2020 04:04
Last Modified: 05 Nov 2020 04:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41063

Actions (login required)

View Item View Item