ANALISIS ASPEK KECAKAPAN ABAD 21 PADA BUKU TEKS FISIKA KELAS X


Wakid Rima Oktafianto, 0403514012 (2019) ANALISIS ASPEK KECAKAPAN ABAD 21 PADA BUKU TEKS FISIKA KELAS X. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS ASPEK KECAKAPAN ABAD 21 PADA BUKU TEKS FISIKA KELAS X]
Preview
PDF (ANALISIS ASPEK KECAKAPAN ABAD 21 PADA BUKU TEKS FISIKA KELAS X)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Oktafianto, W. R. “Analisis Aspek Kecakapan Abad 21 dalam Buku Teks Fisika Kelas X”. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Hartono, M.Pd., Pembimbing II Dr. Sulhadi, M.Si. Kata Kunci: Analisis buku, Buku Teks Fisika, Kecakapan Abad 21 Pada tahun 2015-2035 populasi penduduk usia produktif Indonesia tergolong tinggi. Jika tidak dipersiapkan dengan baik, hal ini akan menimbulkan permasalahan. Pendidikan memiliki andil dalam mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan kehidupan di masa depan. Di masa depan, siswa tidak hanya membutuhkan pengetahuan konseptual saja tetapi juga kecakapan yang diperlukan untuk menghadapi tantangan abad 21 yang disebut dengan kecakapan abad 21. Buku merupakan unsur pendidikan yang memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Buku yang tersedia di pasaran cukup beragam, namun belum diketahui gambaran kandungan kecakapan abad 21 di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis profil kecakapan abad 21 dalam buku teks Fisika kelas X. Penelitian ini menggunakan metode deskriptiif kualitatif. Data dalam penelitian ini merupakan data kualitatif yang diperoleh dari hasil analisis tiga orang guru Fisika sebagai pengamat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Secara keseluruhan buku yang dianalisis sangat sesuai untuk mengembangkan kecakapan abad 21. Seluruh kecakapan yang diobservasi muncul dalam buku, meskipun dengan kemunculan yang kurang proporsional. Kecakapan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan muncul dengan persentase tertinggi yaitu sebesar 61,86%. komunikasi muncul dengan persentase 15,81%, kreativitas dan inovasi sebesar 14,88%, serta kolaborasi sebesar 7,44%. Bagian buku dengan kemunculan kecakapan abad 21 terlengkap adalah bagian kegiatan siswa. Seluruh kecakapan yang diobservasi muncul dengan persentase yang merata. Pengembangan kecakapan abad 21 membutuhkan waktu yang lama, sehingga perlu adanya keberlanjutan dalam melatihkannya. Guru diharapkan lebih banyak mengajarkan Fisika melalui kegiatan siswa. Penulis buku diharapkan memunculkan kecakapan abad 21 dengan persentase yang lebih proporsional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Analisis buku, Buku Teks Fisika, Kecakapan Abad 21
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Resources
L Education > LT Textbooks
Q Science > QC Physics
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 05 Nov 2020 04:03
Last Modified: 05 Nov 2020 04:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41062

Actions (login required)

View Item View Item