PEMBELAJARAN SAINTIFIK DALAM PENGUASAAN KONSEP FISIKA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KOTA PALEMBANG


Suhardi Effendy, 0403516002 (2018) PEMBELAJARAN SAINTIFIK DALAM PENGUASAAN KONSEP FISIKA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KOTA PALEMBANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBELAJARAN SAINTIFIK DALAM PENGUASAAN KONSEP FISIKA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI  KOTA PALEMBANG]
Preview
PDF (PEMBELAJARAN SAINTIFIK DALAM PENGUASAAN KONSEP FISIKA PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI DI KOTA PALEMBANG)
Download (638kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Effendy, Suhardi. 2018. “Pembelajaran Saintifik dalam Penguasaan Konsep Fisika pada Siswa Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Palembang”. Tesis, Program Studi Pendidikan Fisika. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Hartono, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Ian Yulianti, S.Si., M.Eng. Kata kunci: kemampuan penalaran, pendekatan saintifik, penguasaan konsep Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pendekatan saintifik, pembelajaran penalaran, kemampuan penalaran ilmiah dan penguasaan konsep fisika pada materi Momentum dan Impuls yang dimiliki siswa SMA Negeri di kota Palembang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode survey. Penelitian ini dilaksanakan dari bulan April hingga Mei 2018. Penelitian ini dilakukan pada tujuh SMA Negeri di kota Palembang. Subjek penelitian ditentukan melalui teknik purposive sampling. Hasil analisis data menunjukkan keterlaksanaan pendekatan saintifik pada kegiatan inti yang meliputi mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengomunikasikan secara berturut-turut sebesar 47,61%, 20,23%, 19,04%, 39,04% dan 23,80%. Sebagian besar guru mengakui bahwa pendekatan saintifik yang dilakukan, belum terlaksana secara optimal. Hal ini terlihat dari angket tanggapan guru yang mendapatkan persentase sebesar 57,14%, sedangkan siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap pelaksanaan pembelajaran yang telah dilaksanakan guru dengan persentase sebesar 77,8%. Kemampuan penalaran ilmiah siswa SMA Negeri di Palembang tahun ajaran 2017/2018 untuk setiap level memperoleh persentase sebesar 33,11% pada level operasional kongkret, 30,41% pada level transisional, dan 27,81% pada level operasional formal. Secara keseluruhan, siswa SMA Negeri di Palembang memiliki rata-rata kemampuan penalaran ilmiah dengan persentase 30,45% untuk seluruh indikator dan 30,87% untuk tujuh sekolah yang termasuk dalam kategori rendah. Penguasaan konsep fisika pada materi Momentum dan Impuls berdasarkan level kognitif secara berturut-turut C1 sebesar 87,01%, C2 sebesar 43,72%, C3 sebesar 66,23%, C4 sebesar 41,99%, C5 sebesar 58,01% dan C6 sebesar 65,37%. Secara keseluruhan, rata-rata penguasaan konsep fisika siswa SMA Negeri di Palembang sebesar 60,39% untuk seluruh indikator dan 61,28% untuk tujuh sekolah, yang dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan pendekatan saintifik pada sekolah menengah atas Negeri di Palembang belum optimal. Kemampuan penalaran ilmiah siswa berada pada kategori rendah dan penguasaan konsep siswa pada materi Momentum dan Impuls berada pada kategori sedang.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kemampuan penalaran, pendekatan saintifik, penguasaan konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 05 Nov 2020 03:52
Last Modified: 05 Nov 2020 03:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41057

Actions (login required)

View Item View Item