PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERMUATAN INTEGRASI NILAI QUR’ANI UNTUK MENANAMKAN BERPIKIR ANALITIK PADA SISWA SMK CORDOVA


SRIATUN, 0403516009 (2018) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERMUATAN INTEGRASI NILAI QUR’ANI UNTUK MENANAMKAN BERPIKIR ANALITIK PADA SISWA SMK CORDOVA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERMUATAN INTEGRASI NILAI QUR’ANI UNTUK MENANAMKAN BERPIKIR ANALITIK PADA SISWA SMK CORDOVA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA BERMUATAN INTEGRASI NILAI QUR’ANI UNTUK MENANAMKAN BERPIKIR ANALITIK PADA SISWA SMK CORDOVA)
Download (676kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Sriatun, 2018 “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Bermuatan Integrasi Nilai Qur’ani untuk Menanamkan Berpikir Analitik pada Siswa SMK Cordova”. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Suharto Linuwih, M.Si. Pembimbing II Dr. Sulhadi, M.Si Kata Kunci: nilai Qur’ani, perangkat pembelajaran, integrasi Inovasi pembelajaran dengan pengembangan perangkat pembelajaran terintegrasi nilai Qur’ani sesuai dengan karakter SMK Cordova Margoyoso sekolah berbasis pesantren. Penelitian ini mengembangan produk berupa perangkat pembelajran fisika bermuatan integrasi nilai Qur’ani untuk menanamkan berpikir analitik pada siswa SMK. Penelitian menggunakan rancangan research and development (RND). Kelayakan perangkat pembelajaran dilakukan oleh ahli materi, ahli integrasi, ahli pembelajaran. Implementasi perangkat pembelajaran terintegrasi nilai Qur’ani terhadap hasil keterlaksanaan pembelajaran dan respon peserta didik dapat dikatakan berhasil dan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran siswa jurusan farmasi kelas X materi suhu dan kalor. Kriteria tersebut di dapatkan dari hasil penilaian interelasi modul dengan penilaian ahli integrasi nilai Qurani semua nilai menunjukkan 3,5 dengan kriteria sangat baik, sedangkan penilaian ahli materi nilai menunjukkan 3,6 dengan kriteria sangat baik. Respon siswa terhadap penggunaan perangkat pembelajaran berupa modul ditunjukkan dengan nilai rata-rata pretes 25,07 mengalami peningkatan pada postes 40,47. Reabilitas analitik menunjukkan nilai tinggi dengan 0,78 pada saat sebelum treatmen di lakukan dan setelah siswa mendapat pengajaran modul terintegrasi nilai Qur’ani nilainya naik menjadi 0,96. Data menunjukkan hasil nilai reabilitas analitik tinggi sehingga anak memiliki kemampuan berpikir analitik yang meningkat setelah mendapatkan treatmen pembelajaran menggunakan modul terintegrasi nilai Qur’ani

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: nilai Qur’ani, perangkat pembelajaran, integrasi
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 05 Nov 2020 03:48
Last Modified: 05 Nov 2020 03:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41056

Actions (login required)

View Item View Item