ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF


Noor Hidayah, 0403516019 (2018) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF]
Preview
PDF (ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN STRATEGI METAKOGNITIF)
Download (471kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Hidayah, N. 2018. “Analisis Pemahaman Konsep Fisika dan Berpikir Kritis Siswa Melalui Problem Based Learning dengan Strategi Metakognitif”. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika. Program Pascasarjana. Universitas Negeri semarang. Pembimbing I Drs. Ngurah Made Darma P., M.Si., Ph.D., Pembimbing II Dr. Sugianto, M.Si. kata kunci: metakognitif, pemahaman konsep, berpikir kritis, PBL Pemahaman konsep fisika dan bepikir kritis merupakan kemampuan yang harus dimiliki untuk memecahkan masalah. PBL dapat meningkatkan pemahaman konsep dan berpikir kritis. Salah satu strategi yang bisa digunakan dalam pembelajaran adalah strategi metakognitif. Strategi metakognitif membantu siswa dalam perencanaan, manajemen informasi, pemantauan, perbaikan, dan evaluasi dalam menyelesaikan permasalahan fisika. Penelitian tentang PBL dengan strategi metakognitif masih jarang dilakukan. Penelitian ini bertujan untuk menguji keefektifan PBL dengan strategi metakognitif terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis, menganalisis pemahaman konsep dan berpikir kritis melalui PBL dengan strategi metakognitif, dan menganalisis hubungan pemahaman konsep dan berpikr kritis. Penelitian menggunakan mixed method tipe explanatoris sequential, sedangkan rancangan penelitian dengan tipe pre-test post-test control group design. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI di SMA 1 Kudus tahun pelajaran 2017/2018. Pengambilan data menggunakan soal pilihan ganda beralasan untuk pemahaman konsep, soal uraian untuk berpikir kritis dan wawancara untuk medeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi alat-alat optik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PBL dengan strategi metakognitif efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika dan berpikir kritis siswa dari pada PBL. Strategi metakognitif yang digunakan dalam pembelajaran PBL melatih siswa untuk berpikir dalam menyelesaikan masalah fisika. PBL dengan strategi metakognitif memiliki skor yang lebih tinggi pada indikator menginterprestasi, menduga, membandingkan, dan menjelaskan, memiliki skor lebih rendah pada indikator memberi contoh, dan mengklasifikasikan, memiliki skor sama pada indikator merangkum. Profil berpikir kritis siswa melalui PBL dengan strategi metakognitif yaitu kelompok berpikir kritis atas memiliki pola merumuskan pertanyaan, menanyakan dan menjawab pertanyaan, melakukan dan menilai hasil observasi, membuat dan mempertimbangkan hasil, mendefinisikan dan menilai definisi, dan memadukan. Kelompok tengah menggunakan pola berpikir kritis tanpa memadukan. Kelompok bawah menggunakan pola berpikir tanpa melakukan dan menilai hasil observasi, membuat dan mempertimbangkan hasil, dan memadukan.Terdapat hubungan yang sangat tinggi antara pemahaman konsep fisika dan berpikir kritis siswa melalui PBL dengan strategi metakognitif kontribusi sebesar 72,8%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kata kunci: metakognitif, pemahaman konsep, berpikir kritis, PBL
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 05 Nov 2020 03:38
Last Modified: 05 Nov 2020 03:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41054

Actions (login required)

View Item View Item