PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CURIOUS NOTE PROGRAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN RASA INGIN TAHU PESERTA DIDIK
Fatimah Primadian Farumananda, 0403516025 (2018) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CURIOUS NOTE PROGRAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN RASA INGIN TAHU PESERTA DIDIK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN CURIOUS NOTE PROGRAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN RASA INGIN TAHU PESERTA DIDIK)
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Farumananda, F.P. 2018. “Pengembangan LKPD Berbasis Model Pembelajaran Curious Note Program (CNP) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Peserta Didik”. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Wiyanto, M.Si., Pembimbing II Drs. Ngurah Made Darma P., M.Si., Ph.D. Kata Kunci: LKPD, Curious Note Program (CNP), Kemampuan Berpikir Kreatif, Rasa Ingin Tahu Upaya pemerintah dalam mencapai pendidikan yang berkualitas membutuhkan suatu kreativitas dan keingin tahuan yang mampu menghadapi perubahan di era globalisasi dan tuntutan kemajuan teknologi. Berpikir kreatif merupakan produk dari kreativitas sedangkan rasa ingin tahu membantu perkembangan kognitif sosial pada kehidupan peserta didik dengan menstimulasi tindakan eksplorasi dan investigasi. Pembelajaran yang cocok untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu diwujudkan dengan LKPD dan model pembelajaran CNP. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis kelayakan LKPD berbasis model pembelajaran CNP, (2) menganalisis keefektifan LKPD berbasis model pembelajaran CNP untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu, dan (3) menganalisis kepraktisan LKPD berbasis model pembelajaran CNP. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) mengadopsi model 4D Thiagarajan Sammel yang terdiri dari 4 tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Produk yang dikembangkan diujicoba di MAN Temanggung, peneliti menggunakan metode Quasi Experiment dalam bentuk One Group Pre-Posttest Design. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas X MIA 3 dan X MIA 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis model pembelajaran CNP layak untuk memfasilitasi peserta didik dengan perolehan presentase skor kevalidan sebesar 91% termasuk dalam kriteria sangat valid. LKPD berbasis model pembelajaran CNP efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik untuk setiap indikatornya memperoleh N-gain sebesar 27% fluency kategori rendah, flexibility 37% kategori sedang, originality 22% kategori rendah dan elaboration 56% kategori sedang dan peningkatan terhadap rasa ingin tahu meperoleh N-gain sebesar 18% kategori rendah. Serta LKPD berbasis model pembelajaran CNP praktis untuk memfasilitasi peserta didik dengan perolehan presentase dari pendidik sebesar 86,54% kategori sangat tinggi, 90,13% kategori sangat tinggi pada uji coba terbatas dan 85,13% kategori tinggi pada uji coba lapangan. Berdasarkan hasil temuan dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis model pembelajaran CNP layak, efektif, dan praktis dalam memfasilitasi peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: LKPD, Curious Note Program (CNP), Kemampuan Berpikir Kreatif, Rasa Ingin Tahu |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 03:22 |
Last Modified: | 05 Nov 2020 03:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41048 |
Actions (login required)
View Item |