PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE KUBUS KERAGAMAN BUDAYA MUATAN PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU KELAS IV SDN KARANGAYU 01 SEMARANG


Miftah Nur Annisa, 1401416434 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE KUBUS KERAGAMAN BUDAYA MUATAN PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS GURU KELAS IV SDN KARANGAYU 01 SEMARANG. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416434.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan dalam muatan pembelajaran IPS, yaitu sumber belajar yang digunakan berupa buku paket dan belum memaksimalkan penggunaan media pembelajaran misalnya tingkat kreativitas guru hanya pada menampilkan gambar yang sesuai dengan materi. Perlu adanya perbaikan kualitas pembelajaran agar peserta didik dapat memahami materi dengan baik. Rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) Bagaimanakah desain media puzzle kubus keragaman budaya muatan pembelajaran IPS untuk meningkatkan kreativitas guru kelas IV SDN Karangayu 01 Semarang?; (2) Apakah media puzzle kubus keragaman budaya muatan pembelajaran IPS layak digunakan untuk meningkatkan kreativitas guru kelas IV SDN Karangayu 01 Semarang?; (3) Bagaimanakah media puzzle kubus keragaman budaya meningkatkan kreativitas guru SDN Karangayu 01 Semarang? Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan desain media puzzle kubus keragaman budaya, menguji kelayakan media puzzle kubus keragaman budaya, dan meningkatkan keativitas guru kelas IV SDN Karangayu 01 Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh Sugiyono yang mengacu pada model penelitian Borg and Gall. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara tidak terstruktur, angket validasi ahli (materi dan media) dan angket tanggapan pengguna media serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media puzzle kubus keragaman budaya yang telah dikembangkan dinyatakan sangat layak oleh ahli materi dan ahli media dengan presentase kelayakan komponen materi 90% (sangat layak) dan komponen media 88,33% (sangat layak). Penilaian dari guru kelas IV SDN Karangayu 01 diperoleh persentase penilaian sebesar 100% (sangat layak) dan penilaian dari guru kelas IV SDN Karangayu 02 diperoleh persentase penilaian sebesar 92,5% (sangat layak). Simpulan penelitian ini adalah media puzzle kubus keragaman budaya berhasil dikembangkan, dinyatakan sangat layak, dan dapat meningkatkan kreativitas guru kelas IV SDN Karangayu 01 Semarang. Saran terhadap penelitian ini adalah media puzzle kubus keragaman budaya dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan sebagai media pembelajaran muatan IPS kelas IV, guru dapat kreatif mengembangkan media pembelajaran, dan peneliti dapat memberikan kontribusi dalam permasalahan pembelajaran dengan mengembangkan media puzzle kubus keragaman budaya sebagai bekal saat terjun ke dunia pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: IPS; keragaman budaya; puzzle kubus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Nov 2020 03:20
Last Modified: 05 Nov 2020 03:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41046

Actions (login required)

View Item View Item