PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SD NEGERI CARUBAN


Anis Ratnaningrum, 1401416344 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS III SD NEGERI CARUBAN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416344.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Dasar belum sepenuhnya menggunakan media pembelajaran yang efektif. Akibatnya hasil belajar siswa kurang maksimal. Media pembelajaran seperti buku seharusnya berisi materi yang mudah dipahami siswa. Permasalahan serupa juga terjadi di Sekolah Dasar Negeri Caruban, Kandangan, Temanggung. Buku yang biasanya digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas menggunakan buku yang diterbitkan oleh Kemendikbud. Isi bacaan yang terkandung dalam buku tersebut jauh dari lingkungan tempat tinggal siswa. Akibatnya siswa tidak memiliki gambaran fisik tentang isi teks bacaan tersebut. Hal ini dapat mempengaruhi hasil belajar siswa sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik berbasis lokal yang memuat teks bacaan yang berkaitan dengan lingkungan tempat tinggal siswa. Bahan ajar tematik berbasis lokal ini memuat berbagai keragaman budaya, tradisi adat istiadat, serta produk lokal yang dapat menambah wawasan siswa tentang lingkungan tempat tinggalnya. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan dan kelayakan dari bahan ajar tematik berbasis lokal. Metode penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan (R&D) yang dikemukakan oleh Borg & Gall yang diadaptasi dari model pengembangan sugiyono dan telah direvisi oleh peneliti. Tahapan model pengembangan disesuaikan dengan kebutuhan peneliti mengingat adanya wabah virus Covid-19 di wilayah Temanggung. Langkah tersebut terdiri atas potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, validasi produk oleh ahli dan guru kelas, produk akhir. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penilaian dari para ahli menunjukkan bahwa bahan ajar tematik berbasis lokal layak digunakan. Presentase penilaian dari ahli materi menunjukkan bahwa bahan ajar tematik berbasis lokal layak digunakan dengan perolehan nilai 87,1%. Presentase penilaian dari ahli media menunjukkan bahwa bahan ajar tematik berbasis lokal layak digunakan dengan perolehan nilai 85,4%. Presentase penilaian dari ahli bahasa menunjukkan bahwa bahan ajar tematik berbasis lokal layak digunakan dengan perolehan nilai 85,7%. Dari perolehan nilai tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik berbasis lokal layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Media ini direkomendasikan untuk dapat digunakan dalam pembelajaran sebagai inovasi baru dalam media yang dikemas melalui bahan ajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar tematik; kearifan lokal; membaca pemahaman.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Nov 2020 03:15
Last Modified: 05 Nov 2020 03:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41044

Actions (login required)

View Item View Item