REMEDIASI MISKONSEPSI MELALUI ANALOGI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI DINAMIKA ROTASI
Dian Novita Sari, 0403514029 (2019) REMEDIASI MISKONSEPSI MELALUI ANALOGI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI DINAMIKA ROTASI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (REMEDIASI MISKONSEPSI MELALUI ANALOGI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI DINAMIKA ROTASI)
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Novita, Dian S. 2019. “Remediasi Miskonsepsi melalui Analogi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Dinamika Rotasi”. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Suharto Linuwih, M.Si, Pembimbing II Dr. Sulhadi, M.Si. Kata kunci : analogi, miskonsepsi, remediasi. Penelitian ini bertujuan meremediasi miskonsepsi berdasarkan analisis pola konsep materi dinamika rotasi melalui pembelajaran analogi.. Pengambilan data menggunakan dengan mix method (kualitatif dan kuantitatif). Data kuantitatif diambil menggunakan two tier diagnostic test untuk pretest dan posttest yang terdiri dari 10 soal. Data kualitatif diambil dengan observasi langsung dan wawancara peserta didik. Hasil analisis pretest menunjukkan adanya rata-rata miskonsepsi sebesar 83,8%. Setelah dilaksanakan pembelajaran analogi, hasil posttest mengalami penurunan rata-rata miskonsepsi menjadi 41,9%. Adanya penurunan pada hasil posttest, maka pemahaman konsep mengalami kenaikan rata-rata dari 16,2% menjadi 53,6%. Namun hasil penelitian ini tidak dapat dikatakan efektif, karena masih terdapat pola konsep yang salah dari hasil posttest. Hasil observasi dan wawancara menemukan bahwa penyebab masih terdapat miskonsepsi adalah karena minat siswa pada pelajaran fisika, kemampuan siswa yang kurang dan, perkembangan kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : analogi, miskonsepsi, remediasi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) > Learning Model L Education > L Education (General) Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2 |
Depositing User: | S.S Eko Handoyo |
Date Deposited: | 05 Nov 2020 03:14 |
Last Modified: | 05 Nov 2020 03:14 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41043 |
Actions (login required)
View Item |