PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS PERTIWI KECAMATAN TAHUNAN


Nanda Ayu Febrian, 1401416180 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS PERTIWI KECAMATAN TAHUNAN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416180.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran merupakan faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar, oleh karena itu, untuk mencapai hasil belajar yang maksimal, guru harus dapat memilih dan menetapkan model pembelajaran dengan tepat. Berdasarkan hasil obeservasi, wawancara, dan data hasil belajar di kelas IV SDN GugusPertiwi Kecamatan Tahunan, peneliti menemukan permasalahan bahwa guru belum optimal dalam menggunakan model pembelajaran, dan siswa cenderung pasif karena pembelajaran berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini yaitu menguji pengaruh model pembelajaran word square terhadap hasil belajar muatan pelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental atau eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Gugus Pertiwi Kecamatan Tahunan dan yang menjadi sampel adalah siswa kelas IV SDN 1 Petekeyan sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN 2 Petekeyan sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan non tes; wawancara; observasi; dan dokumentasi. Tes hasil belajar yang digunakan berupa pretest dan posttest yang berbentuk pilihan ganda. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis, uji gain, dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran word square mempengaruhi hasil belajar pada muatan pelajaran IPS. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung adalah 8,982, sedangkan nilai ttabel yaitu 2,414. thitung lebih besar dari ttabel (8,982 ≤ 2,414) yang berarti hasil belajar antara siswa yang diberikan perlakuan model pembelajaran word square dan tidak diberikan perlakuan memiliki hasil belajar yang berbeda. Berdasarkan hasil uji ngain kelas eksperimen lebih tinggi yaitu nilai n-gain kelas kontrol adalah 0,2411 termasuk dalam kriteria rendah sedangkan nilai n-gain kelas eksperimen adalah 0,7646 termasuk dalam kriteria tinggi. Simpulan penelitian ini yaitu model pembelajaran word square dapat mempengaruhi hasil belajar siswa pada muatan pelajaran IPS. Pembelajaran dengan menggunakan word square sebaiknya memperhatikan beberapa hal, yaitu perencanaan pembelajaran dan manajemen waktu yang baik sehingga pembelajaran berjalan o

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model word square; hasil belajar; IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Nov 2020 03:10
Last Modified: 05 Nov 2020 03:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41042

Actions (login required)

View Item View Item