ANALISIS PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN SAINTIFIK


Anisa Aulia Marantika, 0403516010 (2018) ANALISIS PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN SAINTIFIK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN SAINTIFIK]
Preview
PDF (ANALISIS PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN BERPENDEKATAN SAINTIFIK)
Download (597kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Marantika, A. A. 2018. “Analisis Penguasaan Konsep dan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA pada Pembelajaran Berpendekatan Saintifik”. Tesis, Program Studi Pendidikan Fisika. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Sarwi, M.Si dan Pembimbing II Dr. Ellianawati, S.Pd., M.Si. Kata kunci: literasi sains, pendekatan saintifik, penguasaan konsep Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penguasaan konsep dan kemampuan literasi sains siswa SMA pada pembelajaran fisika berpendekatan saintifik. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas X SMA Negeri di Kabupaten Boyolali. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, lembar observasi, tes, dan wawancara berbasis focus group discussion (FGD). Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data yang berupa penguasaan konsep dan kemampuan literasi sains siswa, kemudian simpulan dan verifikasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa keterlaksanaan pendekatan saintifik SMA Negeri di Kabupaten Boyolali tergolong sedang. Persentase tertinggi adalah kegiatan inti mengamati, dan terendah adalah kegiatan inti mencoba. Pelaksanaan pendekatan saintifik dalam proses pembelajaran berdampak pada hasil tes penguasaan konsep dan kemampuan literasi sains siswa. Penguasaan konsep siswa kelas X SMA Negeri di Kabupaten Boyolali sesuai ranah kognitif taksonomi Bloom C1 sebesar 57%, C2 sebesar 67%, C3 sebesar 71%, C4 sebesar 47%, dan C5 sebesar 41%. Kemampuan literasi sains siswa kelas X SMA Negeri di Kabupaten Boyolali sebesar 44% untuk kategori sains sebagai batang pengetahuan, 40% untuk kompetensi sains sebagai cara berpikir, 65% untuk kompetensi sains sebagai cara untuk menyelidiki, dan 45% untuk kompetensi interaksi antara sains, teknologi, dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: literasi sains, pendekatan saintifik, penguasaan konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 05 Nov 2020 03:11
Last Modified: 05 Nov 2020 03:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41041

Actions (login required)

View Item View Item