HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS TIRTARAYA KOTA PEKALONGAN


Dian Ayu Puspa Wardhani, 1401416105 (2020) HUBUNGAN INTERAKSI SOSIAL DAN KONSEP DIRI DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI GUGUS TIRTARAYA KOTA PEKALONGAN. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416105.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Interaksi sosial dalam lingkungan akan membentuk konsep diri. Pengalaman hasil interaksi sosial akan memberikan pandangan baru yang dapat memengaruhi konsep diri siswa. Konsep diri yang positif memberikan pengaruh positif salah satunya adalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah yang dianalisis dalam penelitian ini seberapa besar hubungan antara : 1) interaksi sosial dengan hasil belajar IPS; 2) konsep diri dengan hasil belajar IPS; 3) interaksi sosial dan konsep diri dengan hasil belajar IPS. Tujuan dalam penelitian ini untuk menguji adanya hubungan antara : 1) interaksi sosial dengan hasil belajar IPS; 2) konsep diri dengan hasil belajar IPS; 3) interaksi sosial dan konsep diri dengan hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan jumlah responden 134 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk variabel interaksi sosial dan konsep diri, serta dokumentasi untuk variabel hasil belajar.Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, linieritas dan multikolinierias. Setelah data normal dan linier peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif, analisis product moment dan koefisien uji determinasi Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi sosial dan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,835termasuk dalam kategori sangat kuat dengan kontribusi sebesar 89,7% . (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konsep diri dan hasil belajar IPS dengan koefisien korelasi sebesar 0,775 termasuk dalam kategori kuat dengan kontribusi sebesar 83% . (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi sosial dan konsep diri dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Gugus Tirtaraya Kota Pekalongan. dengan koefisien korelasi sebesar 0,642 termasuk dalam kategori kuat dengan kontribusi sebesar 76,5% Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi sosial dan konsep diri dengan hasil belajar IPS siwa kelas IV SDN Gugus Tirtaraya Kota Pekalongan. Saran bagi siswa agar lebih bersemangat dalam belajar dengan cara meningkatkan interaksi sosial dan konsep diri yang positif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: interaksi sosial; konsep diri, hasil belajar IPS
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Social Relation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Nov 2020 03:07
Last Modified: 05 Nov 2020 03:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41040

Actions (login required)

View Item View Item