PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN PROYONANGGAN 14


Asri Puspita Sari, 1401416068 (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SDN PROYONANGGAN 14. Under Graduates thesis, Unnes.

[thumbnail of 1401416068.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di kelas IV SDN Proyonangggan 14 melalui wawancara, observasi, data dokumen, angket, dan tes diperoleh informasi bahwa bahan ajar yang digunakan masih berfokus pada buku tematik yang disediakan oleh pemerintah. Kelemahan dari buku teks yang beredar adalah kurang mengedepankan lingkungan sekitar siswa serta masih terdapat contoh-contoh yang tidak ada di lingkungan siswa tinggal, sehingga siswa tidak memiliki gambaran awal terhadap materi yang dipelajari. Hal ini dapat mengakibatkan siswa sulit dalam memahami suatu bacaan. Terbukti dari hasil belajar hanya 9 dari 27 siswa kelas IV SDN Proyonanggan tuntas dari KKM yang ditentukan yaitu 70. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik berbasis lokal Kabupaten Batang yang memuat bacaan-bacaan tentang keragaman Kabupaten Batang yang dekat dengan keseharian dan kehidupan siswa SDN Proyonanggan 14, menguji kelayakan dan keefektifan bahan ajar tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan Sugiyono. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) bahan ajar tematik berbasis lokal yang dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan oleh ahli materi dan ahli media dengan persentase komponen penyajian 84,81%, komponen kegrafikan 85,41%, serta kelayakan bahasa 85,71%; (2) uji kelayakan oleh guru dan siswa pada uji lapangan awal mendapat presentase 93,3% dari guru dan 100% dari siswa; (3) uji keefektifan bahan ajar tematik berbasis lokal pada siswa kelas IV menghasilkan rata-rata nilai pretest 58,3 dan rata-rata nilai posttest 82,5. Bahan ajar tematik berbasis lokal efektif digunakan dilihat dari hasil uji perbedaan ratarata belajar yaitu thitung -6,452 > ttabel -2,571, dapat disimpulkan bahwa hasil pretest dan posttest mengalami perubahan yang signifikan. Data pehitungan peningkatan rata-rata (gain) sebesar 0,580 dari selisih hasil pretest dan posttest dan tergolong dalam kriteria sedang. Simpulan hasil penelitian ini yaitu bahan ajar tematik berbasis lokal yang dikembangkan sangat layak dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Peneliti menyarankan agar Saran yang disampaikan yaitu: (1)bahan ajar tematik berbasis lokal dapat dijadikan referensi alternatif pilihan bahan ajar untuk siswa dan guru SD Kelas IV; (2) guru sebaiknya dapat mengembangkan bahan ajar berbasis lokal dalam bentuk lain yang lebih bervariasi agar hasil belajar dan pemahaman siswa dapat meningkat dan sesuai karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar tematik, Membaca pemahaman, Lokal.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 05 Nov 2020 03:04
Last Modified: 05 Nov 2020 03:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41039

Actions (login required)

View Item View Item