ANALISIS STRUKTUR MIKRO, CACAT POROSITAS DAN KETAHANAN AUS DENGAN ADANYA VARIASI VOLUME SALURAN PENAMBAH (RISER) KOMPONEN TUTUP MESIN MOTOR LISTRIK


Rizal Rahma Sandi, 5201414084 (2020) ANALISIS STRUKTUR MIKRO, CACAT POROSITAS DAN KETAHANAN AUS DENGAN ADANYA VARIASI VOLUME SALURAN PENAMBAH (RISER) KOMPONEN TUTUP MESIN MOTOR LISTRIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201414084.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis struktur mikro, cacat porositas, dan ketahanan aus hasil pengecoran aluminium dengan adanya variasi volume saluran penambah. Metode yang digunakan adalah metode Pre-eksperimen jenis One-Shot Case Study, karena dalam penelitian ini akan dilakukan perlakuan yang selanjutnya akan diobservasi hasilnya. Perlakuan yang akan dilakukan yaitu dengan penambahan variasi tidak memakai saluran penambah, variasi saluran penambah silinder dengan volume 2826mm3, variasi saluran penambah silinder dengan volume 4710mm3, variasi saluran penambah silinder dengan volume 6594mm3. Pengujian struktur mikro menggunakan alat uji Meji Techno IM 7200. Pengujian keausan menggunakan Alat uji Ogoshi High Speed Universal Wear Testing Machine (Type OAT-U). Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk memberikan gambaran mengenai subjek penelitian berdasarkan data dari variabel yang diperoleh dari kelompok subyek yang diteliti. Struktur mikro yang terbaik ditunjukkan oleh spesimen hasil coran dengan variasi saluran penambah volume 6594mm3 dibuktikan dengan pembentukan fasa struktur yang lebih rapat dan merata. Hasil porositas yang terbaik ditunjukkan oleh spesimen hasil coran dengan variasi saluran penambah volume 6594mm3 sebesar 37,97%. Hasil ketahanan aus paling baik pada variasi saluran penambah (riser) volume 6594mm3 dengan nilai keausan sebesar 0,51x10-7mm2/kg.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Saluran Penambah, Cacat Porositas, Struktur Mikro, Ketahanan Aus, Coran Aluminium.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Nov 2020 02:35
Last Modified: 05 Nov 2020 02:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41032

Actions (login required)

View Item View Item