ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA PENGGUNAAN BEKISTING KONVENSONAL DAN BEKISTING SISTEM UNTUK PEKERJAAN KOLOM GEDUNG HSSE PLN SEMARANG


Krisna Aji, 5113416056 (2020) ANALISIS PERBANDINGAN BIAYA PENGGUNAAN BEKISTING KONVENSONAL DAN BEKISTING SISTEM UNTUK PEKERJAAN KOLOM GEDUNG HSSE PLN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5113416056.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bekisting adalah suatu sarana yang digunakan sebagai pembantu struktur beton untuk menahan beton selama beton dituang dan dibentuk sesuai dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan biaya pekerjaan bekisting konvensional dan sistem (PERI) pada pekerjaan bekisting kolom Proyek Pembangunan Gedung HSSE PLN Sambiroto Semarang serta titik impas (BEP) dan uji t sehingga dapat diketahui perbandingan biaya dan jenis bekisting yang tepat untuk digunakan pada pekerjaan bekisting kolom pada proyek gedung tersebut. Penelitian dilakukan dengan metode observasi dan metode komparatif. Dimana observasi dilakukan dengan pengamatan langsung di lapangan, wawancara dan juga mengambil dokumentasi mengenai pekerjaan yang berkaitan dengan penelitian. Sedangkan metode komparatif bertujuan untuk menghitung biaya pekerjaan bekisting dan membandingkan biaya pekerjaan antara bekisting konvensional dan sistem pada Proyek Pembangunan Gedung HSSE PLN Sambiroto. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dalam pekerjaan bekisting kolom untuk Proyek Gedung HSSE Semarang dengan menggunakan metode bekisting konvensional diperoleh total biaya pekerjaan bekisting kolom sebesar Rp. 211,787,454 dan biaya total pekerjaan bekisting kolom menggunakan bekisting sistem sebesar Rp. 203,766,255 dengan selisih harga sebesar Rp. 8,021, 199. berdasarkan hasil perhitungan dapat diketahui bahwa akan lebih menguntungkan apabila menggunakan bekisting sistem.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bekisting, Kolom, Harga Satuan
Subjects: T Technology > TH Building construction
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 05 Nov 2020 02:30
Last Modified: 05 Nov 2020 02:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41022

Actions (login required)

View Item View Item