NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SASTRA LISAN PADA CERITA RAKYAT ABDURRAHMAN GANJUR DI DESA NGROTO KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN


Mishbahul Munir, 2601414078 (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SASTRA LISAN PADA CERITA RAKYAT ABDURRAHMAN GANJUR DI DESA NGROTO KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SASTRA LISAN PADA CERITA RAKYAT ABDURRAHMAN GANJUR DI DESA NGROTO KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN]
Preview
PDF (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SASTRA LISAN PADA CERITA RAKYAT ABDURRAHMAN GANJUR DI DESA NGROTO KECAMATAN GUBUG KABUPATEN GROBOGAN) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Cerita rakyat Abdurrahman Ganjur merupakan cerita rakyat yang berkembang di Desa Ngroto Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan. Cerita rakyat Abdurrahman Ganjur merupakan sastra lisan yang bersumber dari masyarakat desa Ngroto disebarkan dalam bentuk ujaran (lisan) secara turun-temurun. Dalam penyebarannya tidak semua masyarakat tahu tentang cerita rakyat Abdurrahman Ganjur, sehingga perlu inventarisasi agar bermanfaat bagi masyarakat di Kabupaten Grobogan. Permasalahan dalam penelitian ini ialah (1) bagaimana inventarisasi cerita rakyat Abdurrahman Ganjur dalam beberapa versi dan, (2) nilai-nilai pendidikan karakter apa yang terdapat dalam cerita rakyat Abdurrahman Ganjur. Tujuan penelitian ini untuk menginventarisasikan cerita rakyat dalam beberapa versi dan menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dari cerita rakyat Abdurrahman Ganjur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan folklor lisan. Teori yang digunakan inventarisasi cerita rakyat dalam penelitian ini adalah teori Parry-Lord dan inventarisasi cerita rakyat Abdurrahman Ganjur dalam beberapa versi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan pendokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini ialah berkelanjutan inventarisasi cerita rakyat Abdurrahman Ganjur Desa Ngroto Kecamatan Gubug Kabupaten Grobogan dalam berbagai versi. Nilai-nilai pendidikan karakter ada 18 nilai, nilai-nilai tersebut ada beberapa yang terdapat dalam cerita rakyat Abdurrahman Ganjur yang berjumlah 5, yakni toleransi, disiplin, kerja keras, mandiri, peduli sosial, dan tanggung jawab. Saran yang dapat diberikan dari penelitian ini ialah (1) cerita rakyat Abdurrahman Ganjur dapat digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah dalam membentuk karakter anak dan, (2) hendaknya mendapat perhatian khusus dari pemerintah dan keberadaannya diakui sebagai salah satu aset bagi masyarakat Grobogan serta wujud penghormatan terhadap nenek moyang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: inventarisasi, cerita rakyat, dan nilai-nilai pendidikan karakter
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 04 Nov 2020 08:23
Last Modified: 04 Nov 2020 08:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41013

Actions (login required)

View Item View Item