ASPEK NARATIF DAN KEBAHASAAN NASKAH SANDIWARA KARYA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 UNGARAN


Asa Saraswati, 2601413031 (2020) ASPEK NARATIF DAN KEBAHASAAN NASKAH SANDIWARA KARYA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ASPEK NARATIF DAN KEBAHASAAN NASKAH SANDIWARA KARYA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 UNGARAN]
Preview
PDF (ASPEK NARATIF DAN KEBAHASAAN NASKAH SANDIWARA KARYA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 UNGARAN) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran menulis naskah sandiwara di kelas IX SMP Negeri 1 Ungaran masih dirasa sulit oleh beberapa siswa. Kemampuan menulis tiap-tiap siswa berbeda-beda sehingga tulisan karya siswapun menjadi beragam. Keragaman yang muncul pada karya tulis siswa dalam naskah sandiwara dapat dilihat dari aspek naratif dan kebahasaan, dari aspek kebahasaan peneliti berfokus kepada pemilihan diksi atau pilihan kata dan kesesuaian EYD saja, karena objek yang akan dikaji yaitu karya tulis siswa. Aspek naratif terdiri dari, tema, tokoh dalam cerita, penokohan, alur/plot, dan latar/setting, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Metode ini digunakan dalam menganalisis data berdasarkan hasil pengamatan, dan telaah dokumen. Penelitian ini didapat dari Sumber data yaitu dokumen tertulis yang berupa naskah sandiwara karya siswa SMP Negeri 1 Ungaran. Dalam penelitian naskah sandiwara karya siswa kelas IX SMP Negeri 1 Ungaran tinjauan aspek naratif dan kebahasaan, pengumpulan data dilakukan pada natural setting (kondisi yang alamiah) data dapat dikumpulkan menggunakan teknik telaah dokumen. Hasil penelitian menunjukan berdasarkan naskah sandiwara karya siswa yang berjudul Asal-usul Candi Prambanan dan Dumadine Rawa Pening yang telah dilakukan analisis dapat ditemukan adanya aspek naratif yang meliputi tema dari naskah sandiwara karya siswa tersebut. Dalam naskah sandiwara karya siswa yang sudah dianalisis juga ditemukan adanya tema cerita, tokoh-tokoh dalam cerita yaitu tokoh utama dan tokoh tambahan, ditemukan pula adanya penokohan, alur/plot dan setting/latar di dalam naskah sandiwara karya siswa tersebut. Sedangkan pada aspek kebahasaan dapat ditemukan kesalahan penggunaan huruf kapital, penggunaan kata dasar, penggunaan kata turunan, penggunaan kata bentuk ulang, penggunaan angka dan lambang bilangan. Akan tetapi pada naskah yang berjudul Dumadine Rawa Pening tidak ditemukan adanya penggunaan angka dan lambang bilangan. Sedangkan pada diksi terdapat penggunaan makna konotasi, makna denotasi, penggunaan kata-kata ciptaan sendiri, dan penggunaan kata-kata indria. Saran yang diperoleh untuk penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi guru bahasa Jawa dalam meminimalkan terjadinya kesalahan pada pemberian materi aspek naratif dan kebahasaan pada keterampilan menulis naskah sandiwara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aspek naratif dan Kebahasaan, Naskah Sandiwara.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 04 Nov 2020 08:13
Last Modified: 04 Nov 2020 08:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/41009

Actions (login required)

View Item View Item