STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA GOA KREO DI KOTA SEMARANG


Tutik, 0712516006 (2018) STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA GOA KREO DI KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA GOA KREO DI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA GOA KREO DI KOTA SEMARANG)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Tutik. 2108. Strategi Pengembangan Wisata Goa Kreo di Kota Semarang, Tesis Pascasarjana Program Studi Magister Ilmu Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Sucihatiningsih Dian W..P.,M.Si. Pembimbing II Dr.Kardoyo, M.Si. Kata Kunci: Srategi, Pengembangan, Pariwisata, Goa Kreo Potensi yang dimiliki obyek wisata Goa Kreo masih perlu untuk dikembangkan lagi agar dapat menjadi daerah tujuan wisata utama yang paling diminati di kota Semarang. Oleh karena itu, diperlukan strategi pengembangan obyek wisata yang benar-benar disusun secara matang disertai dengan penanganan yang baik oleh pihak pengelola obyek wisata Goa Kreo. Selain itu, peran serta masyarakat juga sangat diperlukan agar pengembangan obyek wisata Goa Kreo tersebut dapat terealisasi dengan baik seperti obyek wisata lainnya di Semarang. Tujuan penelitian yaitu (1) Mengkaji dan menganalisis daya tarik wisata Obyek Wisata Goa Kreo di Semarang. (2) Mengkaji dan menganalisis fasilitas pariwisata Obyek Wisata Goa Kreo di Semarang. (3) Mengkaji dan menganalisis aksesbilitas Obyek Wisata Goa Kreo di Semarang. (4) Mengkaji dan menganalisis keramahtamahan masyarakat Obyek Wisata Goa Kreo di Semarang. (5) Mengkaji dan menganalisis dukungan pemerintah pengembangan Obyek Wisata Goa Kreo di Semarang. (6) Mengkaji dan menganalisis promosi pariwisata dalam pengembangan Obyek Wisata Goa Kreo di Semarang. (7) Mengkaji dan menganalisis strategi pengembangan Obyek Wisata Goa Kreo di Kota Semarang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif karena bertujuan untuk melakukan eksplorasi terhadap suatu obyek penelitian. Fokus penelitian ini adalah pada strategi pengembangan Obyek Wisata Goa Kreo yang mengacu pada strategi pengembangan daya tarik, fasilitas pariwisata, aksesbilitas, keramah tamahan, dukungan pemerintah dan promosi pariwisata. teknik pengumpulan informasi menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT. Hasil analisis SWOT menunjukkan bahwa Goa Kreo berada pada kuadran I yaitu mendukung strategi pengembangan Wisata Goa Kreo, karena memiliki kekuatan dan peluang yang dominan sehingga Goa Kreo dapat memanfaatkan kekuatan untuk mendapatkan peluang yang ada. Saran dalam penelitian ini yaitu perlunya meningkatkan kerjasama antara pemerintah, pengelola UPTD Goa Kreo dan masyarakat setempat dalam upaya menangani berbagai permasalahan di Goa Kreo. Selain itu pemerintah juga harus mendukung pengembangan Obyek Wisata Goa Kreo dengan cara merealisasikan dan menerapkan rencana program pengembangan sesuai dengan kebutuhan pariwisata.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Srategi, Pengembangan, Pariwisata, Goa Kreo
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > Development of Tourism Object
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 07:35
Last Modified: 04 Nov 2020 07:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40996

Actions (login required)

View Item View Item