KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN CURIOSITY PADA PENDAMPINGAN DAN PEMBELAJARAN CPS BERBANTUAN MODUL BERNUANSA ETNOMATEMATIKA


Agriat Barata, 0401516015 (2018) KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN CURIOSITY PADA PENDAMPINGAN DAN PEMBELAJARAN CPS BERBANTUAN MODUL BERNUANSA ETNOMATEMATIKA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN CURIOSITY PADA PENDAMPINGAN DAN PEMBELAJARAN CPS BERBANTUAN MODUL BERNUANSA ETNOMATEMATIKA]
Preview
PDF (KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BERDASARKAN CURIOSITY PADA PENDAMPINGAN DAN PEMBELAJARAN CPS BERBANTUAN MODUL BERNUANSA ETNOMATEMATIKA) - Submitted Version
Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Barata, Agriat. 2018. “Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Curiosity Pada Pendampingan dan Pembelajaran CPS Berbantuan Modul Bernuansa Etnomatematika”. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Zaenuri Mastur,S.E., M.Si., Akt., Pembimbing II Prof. Y. L. Sukestiyarno,M.S.,Ph.D. Kata Kunci: Curiosity, modul, etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah. Kemampuan pemecahan masalah diperlukan siswa untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dalam dunia nyata. Untuk itu, inovasi pembelajaran dan modul pembelajaran diperlukan agar mampu mengembangkan curiosity pada karakteristik curiosityyang berbeda pada setiap individu. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis efektifitas pembelajaran CPS berbantuan modul bernuansa etnomatematika (CBME) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah, (2) menganalisis perbedaan rata – rata siswa kelas dengan pembelajaran CPS berbantuan modul bernuansa etnomatematika(eksperimen 1), kelas pendampingan modul bernuansa etnomatematika (eksperimen 2) dan kelas kontrol, (3) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah berdasarkan curiosity siswa. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan desain concurrent embedded. Data kuantitatif diperoleh melalui angket ECS Litman, angket cinta budaya dan tes sedangkan data kualitatif diperoleh melalui dokumentasi dan wawancara. Subyek penelitian ini dipilih berdasarkan tingkatan curiosity siswa kelas VIII SMP N 4 Pemalang. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh (1) pembelajaran CPS berbantuan modul bernuansa etnomatematika efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. (2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen 1, eksperimen 2 dan kelas kontrol (3) Analisis kualitatif penelitian ini menjelaskan bahwa siswa kategori curiosity tinggi mampu menyelesaikan 4 tahap pemecahan masalah polya sedangkan siswa curiosity rendah dan sedang memiliki kemampuan yang bervariasi namun kurang baik dalam menyelesaikan tahap melaksanakan rencana penyelesaian. Siswa dengan curiosity rendah kurang baik dalam merencanakan rencana penyelesaian. Berdasarkan hasil penelitian, modul CPS bernuansa etnomatematika dapat digunakan dalam pembelajaran maupun pendampingan belajar untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan curiosity.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Curiosity, modul, etnomatematika, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Process
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 07:31
Last Modified: 04 Nov 2020 07:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40994

Actions (login required)

View Item View Item