IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM UPAYA PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI DESA KLUWUT KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES


Agnes Pradina S, 0712516002 (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM UPAYA PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI DESA KLUWUT KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH)  DALAM UPAYA PENANGGULANGAN KEMISKINAN  DI DESA KLUWUT KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) DALAM UPAYA PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI DESA KLUWUT KECAMATAN BULAKAMBA KABUPATEN BREBES)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Simanjuntak, Agnes Pradina. 2019. “ Implementasi Program Keluarga Harapan (PKH) Dalam Upaya Penanggulangan Kemiskinan Di Desa Kluwut Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes ”. Tesis Program Studi Ilmu Ekonomi. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing 1: Prof. Dr. Rusdarti, M.Si. Pembimbing 2: Prof. Dr. P. Eko Prasetyo, SE, M.Si. Kata Kunci : Implementasi, PKH, Kemiskinan. PKH (Program Keluarga Harapan) adalah program yang memberikan bantuan uang tunai bersyarat kepada Keluarga Sangat Miskin (KSM). KSM tersebut diwajibkan untuk memenuhi persyaratan yang terkait dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) yaitu pendidikan dan kesehatan. PKH di Kabupaten Brebes terbanyak berada di Desa Kluwut Kecamatan Bulakamba. Kehidupan masyarakat pesisir dan nelayan, dengan potensi sumber daya alam yang memadai seringkali tidak sepadan dengan pendapatan dan kehidupannya yang layak. Ini merupakan salah satu faktor penyebab banyaknya warga Desa Kluwut menjadi penerima bantuan PKH. Tujuan penelitian yaitu (1). Mendeskripsikan karakteristik Peserta PKH di Desa Kluwut Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. (2). Menganalisis Implementasi PKH di Desa Kluwut. (3). Menganalisis mekanisme penyaluran PKH di Desa Kluwut. (4). Menganalisis kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan implementasi PKH di Desa Kluwut. (5). Menganalisis solusi dalam mengatasi kendala implementasi PKH di Desa Kluwut. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengambilan data dalam penelitian ini dengan teknik kuesioner dan wawancara. Teknik kuesioner mengambil sampel sebanyak 30 Peserta PKH dan wawancara sebanyak 14 informan yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peserta PKH dikisaran usia 31-40 tahun. Tingkat pendidikan sekitar 76,70 persen setara SD/MI. Implementasi PKH di Desa Kluwut telah berjalan dengan baik pedoman pelaksanaan PKH dan mampu meningkatkan taraf hidup Peserta PKH melalui akses layanan pendidikan dan kesehatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Implementasi, PKH, Kemiskinan.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > Socio-economic
L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 07:31
Last Modified: 04 Nov 2020 07:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40993

Actions (login required)

View Item View Item