KEEFEKTIFAN ROLE PLAYING BERBASIS PENDEKATAN ENTREPRENEURIAL PEDAGOGY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH DASAR


Eva Kusuma Wardani, 0103516082 (2018) KEEFEKTIFAN ROLE PLAYING BERBASIS PENDEKATAN ENTREPRENEURIAL PEDAGOGY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN ROLE PLAYING BERBASIS PENDEKATAN ENTREPRENEURIAL PEDAGOGY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH DASAR]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN ROLE PLAYING BERBASIS PENDEKATAN ENTREPRENEURIAL PEDAGOGY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN NILAI-NILAI KEWIRAUSAHAAN DI SEKOLAH DASAR)
Download (1MB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Wardani, Eva Kusuma. 2018. “Keefektifan Role Playing Berbasis Pendekatan Entrepreneurial Pedagogy Terhadap Pemahaman Konsep dan Nilai- nilai Kewirausahaan di Sekolah Dasar”. Tesis. Prorgam Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Dr. Erni Suharini, M.Si., Pembimbing II Deni Setiawan, S.Sn., M.Hum. Kata Kunci: Kefektifan; Role Playing; Entrepreneurial Pedagogy; Pemahaman Konsep; Nilai-nilai Kewirausahaan. Proses pembelajaran yang belum maksimal menyebabkan rendahnya pemahaman konsep peserta didik serta belum adanya integrasi nilai-nilai kewirausahaan di sekolah dasar menjadikan proses pembelajaran kurang bermakna. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis kefektifan role playing berbasis pendekatan entrepreneurial pedagogy terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas V dan menganalisis keefektifan role playing berbasis pendekatan entreprenuerial pedagogy terhadap nilai-nilai kewirausahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan bentuk nonequivalent control group design. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, wawancara. angket dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di SDN 1 Pelemkerep dan SDN 2 Pelemkerep. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V dengan jumlah 80 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model role playing berbasis pendekatan entrepreneurial pedagoy efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan nilai-nilai kewirausahaan peserta didik hal ini dapat dibuktikan dengan hasil : 1) uji ketuntasan klasikal sebesar 97,5 % pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sebesar 82,5%. 2) uji independent sample t test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai Sig 0,000 < 0,05 artinya terdapat perbedaan pemahaman konsep antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. 3) uji paired sample t tes dengan nilai sebesar 0,000 < 0,05 artinya terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan. 4) peningkatan berdasarkan uji N-Gain di mana kelas eksperimen memperoleh nilai 0,73 dalam kategori tinggi dan kelas kontrol memperoleh nilai 0,25 dalam kategori rendah. 5) uji independent sample t-test sebesar Sig. 0,000 < 0,005 artinya terdapat perbedaan nilai-nilai kewirausahaan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sebagai data pendukung nilai perolehan dari data pengamatan menunjukkan peningkatan secara signifikan, pada pertemuan ke-1 sebesar 38.95, pertemuan ke-2 sebesar 63.59, pertemuan ke -3 sebesar 93.85. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan adalah bahwa role playing berbasis pendekatan entrepreneurial pedagogy efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan nilai-nilai kewirausahaan peserta didik kelas 5 SDN 1 Pelemkerep. Diharapkan penelitian ini dapat di jadikan refrensi untuk menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kefektifan; Role Playing; Entrepreneurial Pedagogy; Pemahaman Konsep; Nilai-nilai Kewirausahaan.
Subjects: L Education > L Education (General) > Cooperative Learning
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 07:05
Last Modified: 04 Nov 2020 07:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40984

Actions (login required)

View Item View Item