PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI BERBASIS LINGKUNGAN DAN BUDAYA LOKAL KABUPATEN KUDUS UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR


ERVI ROSMAYANTI, 0103515082 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI BERBASIS LINGKUNGAN DAN BUDAYA LOKAL KABUPATEN KUDUS UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI BERBASIS LINGKUNGAN DAN BUDAYA LOKAL KABUPATEN KUDUS UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS PUISI BERBASIS LINGKUNGAN DAN BUDAYA LOKAL KABUPATEN KUDUS UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR)
Download (611kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Rosmayanti, Ervi. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi Berbasis Lingkungan dan Budaya Lokal Kabupaten Kudus untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi PGSD, Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I, Prof. Dr. Teguh Supriyanto, M.Hum., Pembimbing II, Dr. Ali Sunarso, M.Pd. Kata Kunci: bahan ajar, menulis puisi, lingkungan, budaya lokal. Pembelajaran menulis puisi selain dapat mengembangkan kreativitas menulis juga dapat dijadikan sarana menanamkan nilai-nilai karakter kepada siswa. Faktanya, pembelajaran menulis puisi masih kurang diminati. Salah satu upaya untuk membuat pembelajaran menulis puisi menjadi menarik adalah dengan mengembangkan bahan ajar menulis puisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menulis puisi berbasis lingkungan dan budaya lokal Kabupaten Kudus sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa, menentukan draf, menghitung kevalidan, serta keberterimaan bahan ajar yang dikembangkan. Desain penelitian ini menggunakan desain Borg dan Gall dengan uji coba skala terbatas pada lima siswa dan seorang guru sekolah dasar di Kabupaten Kudus. Hasil penelitian menunjukkan kebutuhan bahan ajar serta bentuk bahan ajar harus mempertimbangkan aspek kelayakan isi, penyajian, kebahasaan atau keterbacaan, dan kegrafikan sesuai kebutuhan guru dan siswa. Bahan ajar sangat valid untuk digunakan dengan skor rata-rata 83,7. Hasil uji keberterimaan menunjukkan bahwa bahan ajar menulis puisi berbasis lingkungan dan budaya lokal Kabupaten Kudus untuk siswa kelas IV sekolah dasar sangat diterima dengan skor perolehan 87%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan memenuhi kriteria pengembangan bahan ajar, valid, dan diterima. Manfaat penelitian ini adalah tersedianya bahan ajar yang dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi serta menambah mutu dan kualitas guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: bahan ajar, menulis puisi, lingkungan, budaya lokal.
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 07:00
Last Modified: 04 Nov 2020 07:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40982

Actions (login required)

View Item View Item