KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF


ERIANA, 0103516118 (2018) KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA  DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF]
Preview
PDF (KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA PADA PEMBELAJARAN JIGSAW BERBANTUAN ALAT PERAGA MANIPULATIF)
Download (483kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Eriana. 2018. “ Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika dan Kepercayaan Diri Siswa pada Pembelajaran Jigsaw Berbantuan Alat Peraga Manipulatif”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar. Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I Prof. Dr. Kartono, M. Si. Pembimbing II Dr. Sugianto, M. Si. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Kepercayaan Diri, Jigsaw, APM Matematika merupakan ratunya ilmu pengetahuan. Namun banyak materi dalam pembelajaran matematika yang abstrak. Sehingga 26 dari 43 siswa SDN 2 Sendangmulyo kelas IV saat ulangan kenaikan kelas tahun pelajaran 2016/2017 mendapat nilai matematika di bawah KKM (60) yang mengakibatkan kepercayaan diri siswa saat menjawab pertanyaan maupun melaksanakan proses belajar rendah, siswa ragu dalam mengambil keputusan dan hal ini menyebabkan banyak siswa yang mencontek pekerjaan temannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu menguji keefektifan pembelajaran Jigsaw dengan alat peraga manipulatif untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa SD dan menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dalam pembelajaran Jigsaw berbantuan alat peraga manipulatif ditinjau dari kepercayaan diri siswa. Penelitian ini menggunakan mixed method dengan desain concurrent embedded. Penelitian ini dilaksanakan pada 34 siswa kelas IV SDN 1 Bajingjowo sebagai kelas kontrol dan 34 siswa kelas IV SDN 2 Sendangmulyo sebagai kelas eksperimen. Pengambilan data menggunakan tes tertulis, angket, dan wawancara. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test dan N-gain. Rata –rata peningkatan pemahaman konsep untuk kelas kontrol adalah -3,68, sedangkan rata – rata peningkatan pemahaman konsep untuk kelas eksperimen adalah 30,44. Hasil uji independent sample t-test dapat diketahui thitung yang diperoleh yaitu sebesar -12,194 dengan nilai Sig. sebesar 0,000. Hasil uji N-gain dapat disimpulkan peningkatan pemahaman konsep matematika siswa sebesar 92%. Siswa dengan kepercayaan diri tinggi memiliki pemahaman konsep lebih baik daripada siswa dengan kepercayaan diri sedang dan rendah. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan Jigsaw berbantuan alat peraga manipulatif efektif meningkatkan pemahaman konsep siswa. Saran yang dapat diberikan yaitu agar pembelajaran efektif sebaiknya guru menggunakan model pembelajaran jigsaw berbantuan alat peraga manipulatif, selain itu dapat meningkatkan tanggung jawab siswa dalam memahami materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Kepercayaan Diri, Jigsaw, APM
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
L Education > Special Education > Mathematics Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 06:51
Last Modified: 04 Nov 2020 06:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40978

Actions (login required)

View Item View Item