PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR BERBASIS MINI RISET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP SISWA BERKAITAN DENGAN ROKOK


Dwiba Elisa, 0103517058 (2019) PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR BERBASIS MINI RISET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP SISWA BERKAITAN DENGAN ROKOK. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR BERBASIS  MINI RISET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP SISWA BERKAITAN DENGAN ROKOK]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN SUPLEMEN BAHAN AJAR BERBASIS MINI RISET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SIKAP SISWA BERKAITAN DENGAN ROKOK)
Download (972kB) | Preview
Official URL: https://lib.unnes.ac.id/

Abstract

Elisa, Dwiba. 2019. “Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Berbasis Mini Riset untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Siswa Berkaitan dengan Rokok”. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Program Pascasarjana. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : I. Dr. Endang Susilaningsih, M.S., II. Dr. Lisdiana, M.Si. Kata Kunci : Suplemen bahan ajar, mini riset, pemahaman konsep Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa tingkat perilaku merokok anak usia SD tinggi. Salah satu akibatnya adalah kurangnya informasi yang dibutuhkan siswa berkaitan dengan bahaya merokok dalam mata pelajaran IPA. Tidak adanya sumber belajar yang memenuhi kebutuhan siswa serta pembelajaran IPA yang masih berpusat pada guru menjadikan pemahaman konsep siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suplemen bahan ajar berbasis mini riset pada siswa kelas V SD sebagai bahan ajar pendamping siswa dan guru di kelas untuk meningkatkan pemahaman konsep dan sikap siswa berkaitan dengan rokok menjadi tidak setuju dengan rokok. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R & D ). Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar angket, lembar observasi, dan lembar soal pre-test dan post-test. Desain produk berupa suplemen bahan ajar berbasis mini riset tema sistem pernapasan pada manusia. Validasi desain dilakukan oleh ahli media dan materi. Revisi desain diperoleh dari penilaian, kritik dan saran para ahli. Uji coba produk dilakukan di kelas VB SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu. Revisi desain hasil uji coba diperoleh dari penilaian guru dan siswa. Implementasi produk di SD Islam Ta’allumul Huda Bumiayu kelas VA dan SDIT Al Ambary kelas V. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi suplemen bahan ajar berbasis mini riset menunjukkan nilai rata-rata 3.48(87%)dan 3.94 (98.33%). Penilaian kelayakan oleh guru dan siswa terhadap suplemen bahan ajar berbasis mini riset menunjukkan nilai rata-rata 3.20 (80%) dan 3.82 (95.49%). Hasil penilaian ahli media, ahli materi, guru dan siswa menunjukkan kategori sangat layak. Implementasi produk ini dilakukan untuk mengukur pemahaman konsep siswa dan menunjukkan peningkatan sebesar 91% dengan kategori tuntas. Sikap siswa berkaitan dengan rokok menunjukkan sangat baik menolak rokok. Suplemen bahan ajar berbasis mini riset tema sistem pernapasan pada manusia valid dan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar siswa kelas V SD.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Suplemen bahan ajar, mini riset, pemahaman konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Dasar, S2
Depositing User: S.S Eko Handoyo
Date Deposited: 04 Nov 2020 06:45
Last Modified: 04 Nov 2020 06:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/40973

Actions (login required)

View Item View Item